SOLOPOS.COM - Penandatangan kerja sama antara PT Angkasa Pura I dengan maskapai penerbangan asal Korea Selatan, Jeju Air, Selasa (31/1/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — PT Angkasa Pura I mencapai kesepakatan kerja sama dengan maskapai penerbangan asal Korea Selatan, Jeju Air.

Kerja sama ini akan memulai program ketersediaan maskapai penerbangan dan konektivitas berbagai destinasi wisata, seperti Bali agar terhubung dengan pasar wisatawan Korea Selatan serta membuka potensi konektivitas pariwisata di Batam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Angkasa Pura I dengan Jeju Air tentang Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Pembukaan Rute Penerbangan Strategis yang dilakukan di Jeju Air Seoul Branch 3F, Aviation Services Center 3F, Seoul, Korea Selatan, Selasa (31/1/2023).

Kerja sama ini memiliki jangka waktu satu tahun, berlaku sejak ditandatangani. Penandatanganan dilakukan Direktur Komersial dan Pelayanan Angkasa Pura I, Dendi T. Danianto dan Direktur Divisi Komersial Jeju Air, Kyungpyo Ko.

Ekspedisi Mudik 2024

Penandatangan disaksikan oleh Koordinator Ekonomi, Investasi, dan Perdagangan Kedutaan Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Puji Basuki dan First Secretary Departemen Ekonomi Kedutaan Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Sita Nurfitriani.

Dari pihak Angkasa Pura I yang turut menyaksikan penandatangan tersebut, yakni Komisaris Angkasa Pura I, Irfan Wahid dan Danang Parikesit; Wakil Direktur InJourney, Edwin Hidayat Abdullah; dan Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Disaksikan juga oleh perwakilan dari Jeju Air, yakni CEO Kim E-Bae; Director of Management Support Division, Kyunghoon Song; Director of Commercial Strategy, Kyungwon Kim; dan Team Leader of External Affairs, Daewoo Lee.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengatakan kerja sama yang terjalin antara Angkasa Pura I dan Jeju Air sangat strategis. Kerja sama meliputi pertukaran data dan informasi terkait pariwisata, pemasaran bersama.

Selain itu saling mendukung aktivitas dengan regulator dan stakeholder terkait. Serta kerja sama untuk hal yang dapat mendukung realisasi operasional penerbangan.

“Kami menyambut positif kolaborasi bersama Jeju Air. Dengan terbukanya rute penerbangan dari Korea Selatan menuju Indonesia dapat menjadi upaya mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di kedua negara agar semakin meningkat,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (31/1/2023).

Sementara itu, Direktur Komersial dan Pelayanan Angkasa Pura I, Dendi T. Danianto, mengatakan kolaborasi kuat antara Angkasa Pura I dengan Jeju Air ini diyakini dapat meningkatkan aktivitas transportasi udara untuk penumpang dan kargo.

Hal itu sekaligus pengembangan konektivitas pariwisata Indonesia dan Korea Selatan. Di mana destinasi potensial yakni Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Batam melalui Bandara Hang Nadim yang dikelola PT Bandara Internasional Batam, konsorsium yang dibentuk Angkasa Pura I, Incheon International Airport Corporation, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

“Kami berharap dapat membantu percepatan pemulihan iklim pariwisata Indonesia yang terkena imbas pandemi selama dua tahun ketika kondisi pembatasan perjalanan internasional akibat Covid-19,” tutur Dendi.

Melalui kerja sama tersebut juga diharapkan dapat membuka kesempatan lebih luas lagi untuk rute-rute penerbangan dari Korea Selatan maupun negara-negara lainnya menuju bandara-bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya