Kokoh Berdiri, Ini Wujud Masjid Tertua di Gondangrejo Karanganyar

Keunikan ada di dalam bangunan Masjid Al-Yahya yang terdapat pilar-pilar dari batang pohon besar
SHARE

Solopos.com, KARANGANYAR — Masjid Al-Yahya yang berlokasi di Sambirejo, Tuban, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, merupakan salah satu masjid tertua di Gondangrejo, bahkan di Karanganyar.

Ada cerita menarik yang melatarbelakangi berdirinya Masjid Al-Yahya Gondangrejo Karanganyar yang dulunya dikenal sebagai Masjid Kalioso Seberang Kidul tersebut.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Masjid Al-Yahya dibangun oleh seorang Kyai bernama Yahya yang merupakan putra dari K.H. M. Qarib pada masa Wali Sanga di tengah hutan.

Baca Juga: Masjid Tertua di Tawangmangu Karanganyar Ini Dulunya Gua

Salah satu keturunan K.H. Yahya, yang sekaligus Takmir Masjid Al-Yahya, Nurdiatma, bercerita jika dulunya masjid tersebut berupa surau yang dibangun oleh K.H. M. Qarib yang merupakan ayah dari K.H. Yahya di dekat Sungai Cemara.

Keunikan ada di dalam bangunan Masjid Al-Yahya yang terdapat pilar-pilar dari batang pohon besar. Pilar dan kayu penyangga lainnya tersebut masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Ekspedisi Energi 2022

Baca Juga: Masjid Tertua di Sukoharjo Ini Dibombardir Belanda, Tapi Tak Hancur

Saat ini, Masjid Al Yahya beserta kompleks pemakamannya sudah dinyatakan sebagai salah satu Benda Cagar Budaya tingkat Kabupaten Karanganyar.

Diharapkan, penetapan tersebut dapat memberi tambahan semangat bagi masyarakat dan Pemkab Karanganyar untuk bisa menjaga peninggalan sejarah tersebut agar tidak rusak dimakan waktu.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago