SOLOPOS.COM - Flank Timnas Futsal Indonesia, Ardiansyah Nur (kiri), berebut bola dengan pemain Myanmar, Myo Myint Soe, dalam laga semifinal Piala Futsal AFF 2022 di Stadion Indoor Hua Mark, Bangkok, Thailand, Jumat (8/4/2022). Indonesia menang dengan skor 6-1 dan melaju ke final. (Antara/HO-AFF/FAT)

Solopos.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ferry J. Kono, menegaskan bahwa KOI hanya akan memberangkatkan timnas futsal putra ke SEA Games 2021 di Vietnam.

Keputusan tersebut diambil secara objektif berdasarkan berpeluang menyumbang medali dalam multievent yang penyelenggaranya ditunda satu tahun itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Final Piala AFF Futsal 2022, Berikut Daftar Pemain Timnas Indonesia

Penegasan tersebut disampaikan Ferry merespons keinginan Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang disebut justru meminta agar tim putri yang dikirimkan ke SEA Games.

Ferry menjelaskan bahwa pada awalnya futsal tidak masuk dalam daftar 31 cabang olahraga yang akan dikirimkan ke SEA Games karena kemungkinan hanya mampu merebut perunggu. Sementara itu cabang olahraga non-DBON ditargetkan setidaknya bisa meraih medali perak.

Baca Juga: Mantap, Timnas Futsal Indonesia Peringkat 10 Besar Asia

Namun, kemudian futsal direkomendasikan untuk dikirimkan ke SEA Games setelah pencapaian tim putra menembus final Piala AFF Futsal 2022.

“Tapi tim review bersepakat menunggu hasil Piala Futsal AFF, apabila hasilnya masuk final maka mereka akan berangkat dengan potensi meraih perak. Dari situlah tim review mengundang FFI guna memaparkan sampai tiga kali,” ungkap Ferry dikutip dari Antara, Selasa (12/4/2022).

“Tapi Binpres [Bidang Pembinaan dan Prestasi] FFI tetap menyatakan FFI tetap memberangkatkan tim putri. Namun, karena tim putri berpotensi meraih perunggu, maka mereka masuk kelompok yang tidak diberangkatkan,” jelas Ferry.

Baca Juga: Dramatis, Indonesia Kalah Adu Penalti di Final Piala AFF Futsal 2022

Ferry pun menegaskan bahwa KOI hanya akan memberangkatkan tim futsal putra ke SEA Games 2021 atau tidak sama sekali, mengingat yang mengurus pendaftaran cabang olahraga adalah KOI.

Terkait masa pendaftaran entry by name yang sudah berakhir pada 31 Maret 2022, Ferry menjelaskan bahwa KOI sudah mengirimkan surat permohonan kepada Vietnam SEA Games Organizing Committee untuk menunda proses pendaftaran Indonesia.

“Panitia pelaksana SEA Games memberikan izin kepada kami untuk menunda pendaftaran untuk futsal putra maupun putri karena mereka tahu kami sedang bermain di AFF,” ucap Ferry.

Baca Juga: Barito Putera Beri Sinyal Pertahankan Muhammad Riyandi

“Tapi keputusan final akan diputuskan dalam rapat Rabu besok. Dan kami akan menyampaikan ke panitia pelaksana, pilihannya antara tim putra yang didaftarkan atau tidak sama sekali,”

Hasil undian futsal SEA Games 2021 sudah dirilis dan hanya lima negara yang berpartisipasi, yakni Thailand, Vietnam, Indonesia, Myanmar, dan Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya