SOLOPOS.COM - Pembagian sembako di TPA Bendosari, Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Rabu (6/4/2022). (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO – Kodim 0726/Sukoharjo dan Polres Sukoharjo berkolaborasi dengan Yukata Indonesia, Fave Hotel Solo Baru, Komunitas PSC, Newsroom Peduli, CJDW Netrowk, Banana Garden Mojolaban, Joglo Yangti Resto dan Angkringan, Mlampah Solo dan ICS Sukoharjo menggelar kegiatan bertajuk Gerakan Bersama Ramadan Peduli, Rabu (6/4/2022).

Gerakan bersama yang didukung Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo itu membagikan 65 paket sembako, 65 paket buka puasa, vitamin dan masker kepada pemulung di TPA Bendosari, Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. Aktor Okan Kornelius sebagai pemilik Yukata Indonesia turut hadir memeriahkan langsung gerakan Ramadan itu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami Yukata Indonesia mengadakan kegiatan bagi takjil, bersama Kodim Sukoharjo, Polres Sukoharjo, luar biasa, kita bisa berkolaborasi untuk berbagi bersama masyarakat di Bulan Suci Ramadan ini,” kata Okan Kornelius ditemui di kawasan TPA Bendosari.

Baca juga: Waduh, 60 Koperasi di Sukoharjo Segera Dibubarkan Tahun Ini

Dia berharap kegiatan yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi masyarakat di kawasan Sukoharjo. “Mudah-mudahan apa yang kami berikan pada warga sekitar bisa bermanfaat dan mudah-mudahan kita diberi kesehatan selalu,” harapnya.

Okan menyebut pemulung dan pengelola sampah yang ada di TPA itu sebagai pahlawan, karena walaupun pekerjaan yang mereka lakoni bisa dibilang tak terlihat, tapi dampak yang mereka kerjakan luar biasa.

“Kita di sini [TPA Bendosari] bisa bertemu dengan pahlawan-pahlawan juga, semua yang selama ini kita tidak tahu, kita tidak lihat tapi hari ini kita bisa bertemu dengan ibu-ibu bapak-bapak [pemulung] yang ada disini,” jelasnya di sela-sela pembagian sembako di TPA itu.

Baca juga: Kapolres Sukoharjo Datangi Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Ini yang Dilakukan

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menyampaikan kegiatan itu digunakan untuk meningkatkan toleransi dan kepedulian sosial.

“Dalam rangka Bulan Suci Ramadan, untuk meningkatkan toleransi dan kepedulian sosial, kebetulan juga hari ini ada tamu kita juga dari Jakarta, Bang Okan. Sehingga kita bersama-sama dengan Pak Dandim, dan relawan pejuang komunitas bertemu dengan bapak dan ibu di tempat ini untuk berbagi, semoga bermanfaat untuk beliau-beliau,” jelasnya saat disela-sela pembagian sembako.

1.000 Takjil Gratis

Sedangkan Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, mengatakan kegiatan tersebut termasuk dalam salah satu kegiatan pembinaan teritorial.

Baca juga: Mal di Sukoharjo Gelar Fashion Festival dan Bagikan Takjil Saat Ramadan

“Ini merupakan salah satu pembinaan teritorial juga dimana kita memanunggalkan TNI dengan rakyat. Dengan harapan seluruh komponen dalam negara ini kita satukan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Dia mengatakan masyarakat yang ada di TPA Bendosari memerlukan bantuan. Sehingga, dia berharap, sinergi dari komunitas untuk meluangkan waktu dan menyisihkan rejekinya bagi mereka, terutama di Bulan Suci Ramadan ini.

Setelah selesai melakukan kegiatan tersebut, Kodim 0726/Sukoharjo, Polres Sukoharjo, dan komunitas lainnya, membagikan 1.000 takjil di Bundaran The Park yang dimulai sejak pukul 16.30 WIB. Sasaran penerima takjil gratis itu adalah masyarakat umum yang melintas di jalan itu. Tak hanya takjil gratis, masker dan sejumlah vitamin juga turut dibagikan kepada pengendara motor, mobil, sepeda hingga penarik becak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya