SOLOPOS.COM - Babinsa Kodim 1601/Sumba Timur mengecek proyek air bersih. (Istimewa/Pendim 1601 Sumba Timur)

Solopos.com, WAINGAPU — Kodim 1601/Sumba Timur terlibat dalam program Water 4 Sumba yang diprakarsai composer musik asal Austria, Robert Spour. Robert sebelumnya menyelesaikan lari Jakarta ke Denpasar dan akan bersepeda sejauh 80 km hingga 90 km di Sumba Timur. Ini adalah bagian dari gerakan Water 4 Sumba yang memberikan 1 juta liter air bersih ke wilayah yang mengalami kekeringan di Sumba Timur.

Dandim 1601/Sumba Timur Letkol (Czi) Dr. Dwi Joko Siswanto, S.E.M.I.Pol, mengatakan dalam program Water 4 Sumba, Kodim 1601 terlibat mulai dari mencari titik air, pengerjaan, sosialisasi hingga pemanfaatan untuk warga sekitar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Daerah Sumba Timur ini memang karakternya daerah kering, adanya program 1 juta liter air bersih ini sangat membantu warga Sumba Timur memperoleh kebutuhan air,” ujar Dwi Joko, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga : Pompa Hidram Bantu Warga Sumba Timur Peroleh Air

Kodim 1601 pun merasa wajib terlibat untuk membantu mencari lokasi titik air. Dalam pengerjaan Kodim juga melibatkan babinsa untuk bahu membahu dengan warga sekitar menggarap fasilitas di sumber air. Kodim juga turut mensosialisasikan program 1 juta air bersih ini pada warga. Harapannya nanti setelah selesai, warga bisa terus memanfaatkan dan merapat sumber air bersih.

Dandim mengucap terima kasih kepada Robert Spour bersama rekannya Pungky yang akan bersepeda mengelilingi Sumba Timur. Apalagi selain mengeksplore alam Sumba Timur, Robert dan Pungky mau menginisiasi program bantuan air Water 4 Sumba. “Saya merasa senang karena ada pihak yang peduli dengan kondisi di Sumba Timur dan Kodim 1601 pun harus ikut terlibat membantu suksesnya program tersebut,” ujar Dandim 1601.

Selain program Water 4 Sumba, Letkol (Czi) Dwi Joko Siswanto, menerangkan Kodim 1601 juga masih merampungkan program pompa hidram tahap II, III Dan Tahap IV serta sumur bor. Pengerjaan pompa hidram tahap II berada di Desa Meo Rumba, Kecamatan Kahunga Eti. Ada pula di Desa  Prauraming, Ngadungala; dan Desa Ndapayami Kecamatan Kanatang, semuanya sudah selesai.

Baca Juga : Banyak yang Belum Tahu, Jenderal Andika Perkasa Ternyata Mualaf

Sedangkan pengerjaan pompa hidram tahap III ada di Desa Kangeli Kecamatan Lewa Tidahu, ada pula di Desa Kayuri Kecamatan Rindi serta lahan pertanian di Desa Laindeha Kecamatan Pandawai.

Untuk tahap IV berada di Desa Napu Kecamatan Haharu; Desa Lambakara Kecamatan Pahunga Lodu; Desa Praingkareha, Kecamatan Tabundung; Desa Kambatawundut Kecamatan Lewa; Desa Laihau Kecamatan Lewa; dan Desa Kabanda Kecamatan Ngadungala. Terakhir adalah pengeboran Sumur Swadaya Kodim 1601/ST bersama Tim Tupai Pandaidi enam lokasi.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya