SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api di pabrik pengolahan kayu wilayah Tegal Arum, Mojosongo, Solo, Kamis (9/9/2021) petang. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kebakaran yang melanda pabrik pengolahan dan gudang kayu di Jl Sumpah Pemuda, kawasan Tegal Arum, Mojosongo, Jebres, Solo, sejak Kamis (9/9/2021) sore akhirnya berhasil dipadamkan pada Jumat (10/9/2021) dini hari.

“Sudah padam, sekitar pukul 00.30 WIB. Setelah memastikan api benar-benar padam, koordinasi dan sebagainya, petugas [damkar] meninggalkan lokasi sekitar satu jam kemudian,” urai petugas Pemadam Kebakaran Kota Solo, Ari, saat dihubungi Solopos.com via sambungan telepon, Jumat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan proses pemadaman api di pabrik milik PT Adi Furniture Aneka Kreasi itu memakan waktu berjam-jam karena api cukup besar dan terkendala akses masuk ke titik kebakaran yang terbatas. Menurut dia, barang-barang yang terbakar di antaranya kayu, bangunan, serta oven kayu.

Baca juga: Kebakaran Pabrik Kayu Mojosongo Solo, Kondisi Gelap Jadi Kendala Pemadaman

Ekspedisi Mudik 2024

Ditanya berapa unit mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan api, dia menjelaskan dari Solo ada 13 unit dibantu dengan sejumlah mobil damkar  dari wilayah lain di Soloraya.

Diberitakan sebelumnya, laporan kebakaran di Mojosongo masuk ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo pada Kamis sekitar pukul 16.45 WIB. Selanjutnya armada Damkar langsung diterjunkan ke lokasi kejadian untuk mengendalikan amukan si jago merah.

Kasi Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran Solo, Suratman, kepada wartawan Kamis sore menyebut lorong memanjang gudang pabrik di Mojosongo, Solo, tersebut menjadi kendala tersendiri bagi petugas pemadam kebakaran.

Baca juga: Saksi Mata Ungkap Detik-Detik Kebakaran Hebat di Pabrik Kayu Mojosongo Solo

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Widagdo, mengatakan awalnya anak-anak yang bermain di lahan kosong belakang pabrik yang mengetahui kebakaran tersebut.

Menjalar Sangat Cepat

Anak-anak langsung berteriak sehingga warga datang untuk mengecek. Ia memperkirakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Dugaannya, api berasal dari bagian belakang pabrik kayu itu. Api menjalar sangat cepat ke seluruh bagian pabrik.

Salah seorang pekerja pabrik, Wagiman, mengatakan dugaan awal api muncul di bawah trafo listrik bagian belakang pabrik. Selain kayu sepeda motor milik karyawan juga terbakar.

Baca juga: Dor! Pelaku Curanmor di Solo Ditembak Gegara Melawan Polisi Saat Ditangkap

“Saya berusaha padamkan pakai selang tapi tidak sampai. Lalu saya telepon mandor saya. Ada mesin-mesin kayu dan sepeda motor yang terbakar. Kira-kira pukul setengah lima mulai kebakaran,” paparnya, Kamis.

Seorang saksi mata, Eko Mulyono, warga Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar, mengungkapkan detik-detik awal terjadinya kebakaran hebat di pabrik kayu itu. Sore itu dia dengan berkunjung ke rumah temannya di Tegal Arum.

“Pukul 15.30 WIB saya berada di rumah teman. Tiba-tiba saya melihat ada asap. Awalnya saya kira ada orang membakar sampah,” ujar Eko kepada Solopos.com, Kamis.

Namun, Eko menuturkan asap bertambah banyak. Eko kemudian masuk ke rumah temannya dan mendapat kabar asap itu dari pabrik kayu yang terbakar dan api semakin membesar.

Baca juga: Tabrak Mobil di Solo, Warga Colomadu Ini Ternyata Bawa Sabu-Sabu di Celana Dalam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya