SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) menerima cendera mata buku dari sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) saat acara perpisahan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/10/2022). Kegiatan tersebut merupakan hari terakhir Anies berkantor di Balai Kota Jakarta menjelang pensiun pada Minggu (16/10). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.

Solopos.com, JAKARTA—Bakal calon presiden (capres) Partai Nasional Demokrat Anies Baswedan mengaku tidak ingin terburu-buru dalam menentukan pasangannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.  Menurut Anies, berkaca pada proses pembentukan koalisi yang masih berjalan, masih terlalu dini untuk akhirnya mantan Gubernur DKI Jakarta ini menetapkan hati pada calon wakil preaiden (cawapres) yang sesuai dengan kriteria yang dirinya inginkan.

“Waktunya masih panjang, jadi kita tidak terburu-buru menetukan. Proses pembentukan koalisi juga masih berjalan. Jadi akan lebih bijak apabila proses penentuan pasangan dilakukan secara saksama,” terang Anies usai mengikuti agenda peluncuran program Nasdem Memanggil di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, Anies tak memungkiri, bahwa dirinya memang telah memiliki kriteria cawapres yang diinginkannya. Ada tiga kriteria yang Anies cari dalam sosok tersebut.  Pertama, Anies menginginkan seorang pasangan yang dapat memberikan kontribusi besar dalam upaya untuk kemenangan pada pilpres yang akan datang.

Baca Juga Presiden China Optimistis Mampu Lawan Virus Corona

Kemenangan yang mungkin diraih Anies tentu tidak terlepas dari hadirnya partai koalisi yang memiliki pengaruh besar dalam pemerintahan di Indonesia.  Lantas, Anies menyebut, bahwa dirinya membutuhkan sosok cawapres yang mampu memperkuat serta menjaga stabilitas koalisi partai.

Hal tersebut menjadi kriteria kedua yang diharapkan Anies pada pasangannya kelak. “Ketiga, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif. Tiga [kriteria] ini yang menjadi faktor dan memang belum ada,” terang Anies.

Adapun, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan, bahwa Nasdem akan memberikan otoritas penuh kepada Anies untuk memilih pasangannya dalam Pilpres 2024.

Baca Juga Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Bakal Ditinjau

Menurut Surya, meskipun telah menjadi partai pengusung Anies, Nasdem tak memiliki kewenangan untuk memaksa Anies dalam menentukan pasangannya. Anies harus memilih pasangan yang telah cocok dengan dirinya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Anies Soal Cawapres Pilihannya: Tidak Usah Terburu-buru, Koalisi Masih Berjalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya