SOLOPOS.COM - Aksi damai Jogja Lawan Klithih di kawasan Titik Nol Kilometer, Jogja, Senin (3/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Kasus kejahatan jalanan atau klitih kembali menghantui masyarakat Jogja. Atas kondisi sosial itu, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau kepada orang tua supaya tidak mengizinkan anaknya keluar saat malam hari.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan orang tua berperan penting dalam mengontrol dan mencegah terjadinya tidak kekerasan jalanan yang dilakukan para remaja. Oleh karena itu, dia meminta kepada orang tua agar melarang anaknya keluar malam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kontrol orang tua, terutama yang punya anak remaja, jangan keluar malam. Kalau kondisinya seperti itu, karena selama ini kan selalu terjadi di malam hari. Kondisi sepi, sasaran acak, tetapi biasanya sesama remaja. Saya kira itu harus jadi perhatian, orang tua tetangga harus peduli. Le kowe arep nandi mbengi-mbengi, mbok ra usah metu, okeh cah nakal nang ndalan,” katanya, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga: Polisi Sebut Remaja Tewas Dihantam Gir di Jogja Bukan Klitih, Kenapa?

Aji menyampaikan berbagai pihak mulai dari Pemda DIY hingga kepolisian sudah gencar menyosialisasikan guna mencegah adanya klitih. Begitu juga dengan sekolah, sudah tidak kurang-kurangnya melakukan pencegahan dengan berbagai upaya melalui pelibatan orang tua dan masyarakat.

“Sekolah sudah disosialisasi, masih saja ada anak yang belum bisa diberitahu atau diatur, tidak keluar malam. Kalau upaya sekolah mendidik anak sudah kami upayakan semaksimal mungkin. Kepolisian juga sudah melakukan penindakan baik sosialisasi preventif sudah dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga: Korban Tewas Klitih di Jogja Ternyata Anak Anggota DPRD Kebumen

Diberitakan sebelumnya, seorang remaja bernama Daffa Adzin Albasith tewas setelah dihantam oleh sekelompok orang dengan menggunakan gir di bagian kepalanya pada Minggu (3/4/2022).

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Klithih Terjadi Lagi, Saatnya Peran Orang Tua Diperkuat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya