SOLOPOS.COM - Petugas berjaga di area Asrama Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Sabtu (17/7/2021). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 50 pasien positif Covid-19 asal Klaten segera menjalani isolasi mandiri (isoman) terpusat di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat (23/7/2021) siang. Puluhan pasien Covid-19 yang dikirim tersebut berjenis kelamin laki-laki, berusia muda, dan tergolong orang tanpa gejala (OTG).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, sejumlah pasien Covid-19 yang bergejala ringan mulai dijemput tim gabungan di masing-masing kecamatan di Kabupaten Bersinar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penjemputan itu guna menindaklanjuti instruksi Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi yang memberlakukan manajemen kontingensi di Klaten sejak Jumat ini.

Baca juga: Nekat Beraktivitas meski Positif Covid-19, Tukang Parkir di Klaten Dijemput Petugas

Warga yang terpapar virus corona berstatus OTG mulai dipisahkan dengan warga Klaten yang sehat. Hal itu ditujukan guna mempercepat memutus mata rantai Covid-19 di Klaten.

Masyarakat Diminta Tenang

Diketahui, hingga Kamis (22/7/2021), Jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 25.899 kasus. Sebanyak 4.658 orang menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 19.526 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 1.715 orang telah meninggal dunia.

“Kami sampaikan saat ini, kondisi di Klaten kondusif. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan jangan panik. Masing-masing kecamatan sudah mengirim [warga terpapar Covid-19] ke tempat isoman terpusat tingkat kabupaten di GOR Gelarsena Klaten. Selanjutnya, 50 orang laki-laki dari jumlah itu akan kami kirim ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali,” kata Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat ditemui wartawan di GOR Gelarsena Klaten, Jumat.

Baca juga: Tempat Isoman Terpusat di Klaten Terisi Tapi Belum Maksimal, Polisi Siap-Siap Jemput Pasien Covid-19

Sri Mulyani mengatakan pengiriman pasien Covid-19 berstatus OTG tersebut sesuai arahan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Sebagaimana diketahui, Asrama Haji Donohudan merupakan tempat isoman terpusat tingkat Provinsi Jateng.

“Selama ini, kami belum pernah mengirim ke Asrama Haji Donohudan. Di sini, kami mengimbau masyarakat untuk tidak takut. Semua terjamin di tempat isoman terpusat,” katanya.

Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan pemisahan warga yang positif Covid-19 dengan status OTG dengan warga sehat lainnya ditujukan guna mencegah persebaran virus corona di Kabupaten Bersinar.

“Hasil analisis kami, yang paling tinggi terjadi di Klaten karena klaster keluarga. Selama di tempat isoman terpusat, semuanya terjamin. Begitu tujuh hari, kami lakukan tes PCR ke warga yang positif Covid-19 tersebut,” kata AKBP Edy Suranta Sitepu.

Baca juga: Bidan Desa di Klaten Rutin Pantau Pasien Covid-19 yang Isoman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya