[x] close
top ear
Ilustrasi vaksin corona. (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi vaksin corona. (Freepik)

Klaten Beralih Jadi Zona Risiko Rendah Covid-19, Tapi...

Klaten beralih status jadi zona risiko rendah Covid-19.
Diterbitkan Rabu, 8/07/2020 - 15:01 WIB
oleh Solopos.com/Chelin Indra Sushmita/Taufiq Sidik Prakoso
2 menit baca

Solopos.com, KLATEN – Klaten kini beralih menjadi zona risiko rendah terhadap Covid-19. Hal tersebut diumumkan Gugus Tugas Covid-19 Nasional, Selasa (7/7/2020).

Klaten menjadi salah satu dari 36 wilayah yang beralih menjadi zona risiko rendah Covid-19 per Minggu (5/7/2020). Dengan demikian penularan virus corona di Klaten cenderung rendah meski sebelumnya berada di zona risiko sedang yang ditandai warna oranye.

Duh, Pengangguran di Indonesia Mayoritas Anak Muda Usia 15-24 Tahun

Kini, status Klaten yang beralih menjadi zona risiko rendah di peta zonasi Gugus Tugas Covid-19 ditandai dengan warna kuning. Sebagai informasi hingga Rabu (8/7/2020) pukul 14.30 WIB tercatat total 62 kasus Covid-19 dengan 45 sembuh, 3 meninggal, dan 14 masih dirawat.

Peralihan status zonasi Covid-19 Klaten menjadi risiko rendah ditanggapi pihak Gugus Tugas Covid-19 daerah. Koordinator Pusdalops Gugus Tugas Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan Dinkes Klaten melakukan penilaian untuk menentukan warga zonasi setiap hari.

Penyerang Remaja Pesilat Gatak Lebih dari 2 Orang, Salah Satunya Pelatih?

"Setiap hari dari daerah melaporkan hasil penghitungan dengan kriteria yang dibakukan dari pusat. Ada 15 indikator yang digunakan untuk menentukan zona. Hasil penghitungan setiap hari fluktuatif, bisa berbeda-beda setiap harinya," kata Ronny saat dikonfirmasi Solopos.com, Selasa (7/7/2020).

Meski demikian, Ronny menegaskan belum tahu persis bagaimana penilaian dari pihak Gugus Tugas pusat. Bisa jadi hasil penilaian itu salah satunya lantaran angka kesembuhan di Klaten yang belakangan meningkat meskipun masih ada penambahan kasus Covid-19.

Kisah Suroto Magelang, 10 Tahun Kurung Diri di Kamar Sejak Erupsi Merapi Tak Pernah Mandi 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sepanjang pekan lalu dari Selasa (30/6/2020) hingga Minggu (5/7/2020) ada lima pasien sembuh dan penambahan tiga pasien positif Covid-19. Sementara, pada Selasa (7/7/2020) Gugus tugas Covid-19 Klaten kembali mengumumkan enam pasien sembuh dan penambahan dua positif.

"Kalau misalnya dari BNPB sudah ada kepastian [Klaten masuk zona hijau], kami siap menjalankan protokol di tujuh bidang [menuju kenormalan baru]," kata Ronny.


Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini