SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengusulkan 820 lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk menutup kebutuhan pegawai. Hingga kini, pemkab menunggu keluarnya formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kabid Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Rijana, mengatakan usulan formasi CASN itu sudah disampaikan ke Kemenpan RB April lalu. Jumlah usulan formasi sama dengan jumlah ASN yang pensiun tahun ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Untuk rinciannya kami belum tahu. Kemarin kami hanya mengusulkan jumlahnya dulu. Setelah itu nanti tentu akan turun formasi dari Kemenpan RB untuk seluruh wilayah Indonesia. Jumlah pastinya berapa itu disesuaikan kebutuhan daerah hingga mengacu kemampuan APBD,” kata Rijana saat dihubungi , Rabu (7/8/2019).

Tahun ini formasi CASN terdiri dari ASN dan P3K. Aturan untuk daerah itu 30 persen ASN dan 70 persen P3K. Untuk P3K itu pada posisi jabatan fungsional seperti guru, penyuluh pertanian, hingga tenaga kesehatan.

Soal kebutuhan pegawai, Rijana mengatakan masih diprioritaskan untuk posisi tenaga pendidik. Jumlah tenaga pendidik setiap tahun berkurang lantaran memasuki masa pensiun.

“Satu sekolahan itu paling hanya ada dua atau tiga ASN. Sementara, jumlah guru di SD itu minimal sembilan orang mulai dari guru kelas, guru agama, Penjaskes, serta kepala sekolah,” urai dia.

Rijana mengatakan pemkab hingga kini masih menunggu keluarnya formasi CASN untuk Klaten. Kondisi serupa juga dialami daerah lainnya yang mengusulkan formasi CASN.

“Belum lama ini ada rapat untuk membahas itu. Namun, masih sebatas petunjuk teknisnya saja. Untuk formasi belum keluar,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya