SOLOPOS.COM - Kelompok KKN 342 UNS Solo menyerahkan alat hand sanitizer pijak di Desa Soko, Miri, Sragen. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Membangun Desa periode Juli-Agustus 2021 resmi dilaksanakan 3 Agustus-31 Agustus 2021. Tim KKN 342 UNS yang bertugas di Desa Soko, Kecamatan Miri, Sragen, Jawa Tengah menggelar berbagai aktivitas termasuk penetapan teknologi tepat guna hand sanitizer pijak.

Tim KKN 342 UNS mengangkat tema Pemberdayaan Masyarakat pada Masa Pandemi COVID-19 Gelombang 2 Melalui Edukasi Kesehatan dan Pengolahan Pangan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kelompok 342 ini di bawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Sudadi M.P dengan koordinator kelompok Luthfia Fahmi Khoirana (FEB/Akuntansi Transfer). Kelompok 342 ini beranggotakan Sabrina Frisca Yuniarti (FKIP/Pendidikan Sosiologi Antropologi), Putri Gusanti Berliantika (FKIP/Pendidikan Matematika), Stefanie Bernike Agatha (FP/Ilmu Teknologi Pangan), Risfian Adha Dwi Cahyana (FKIP/Pendidikan Akuntansi).

Baca Juga: Pemkab Sragen Gelontorkan Rp2,1 Miliar untuk Pengadaan Sembako Bagi Warga Miskin

Kemudian Hafshah Auliya Rahmati (FP/Ilmu Teknologi Pangan), Wahyu Abdi Prasetyo (FKIP/Pendidikan Luar Biasa), Muhammad Nasirudin (FKIP/Pendidikan Kimia), Wahyudi Panggih Widyaputra (FH/Ilmu Hukum), dan Oriza Ramadhani (FMIPA/S1 Biologi).

Kelompok ini melaksanakan berbagai program kerja salah satunya yaitu membuat teknologi tepat guna hand sanitizer pijak yang bertujuan untuk menyediakan fasilitas kebersihan dalam rangka menunjang program 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas, menjauhi kerumunan) untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Pembuatan alat hand sanitizer pijak dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa KKN. Cara kerja dari alat ini adalah dengan menginjak bagian bawah alat untuk mengeluarkan hand sanitizer sehingga dapat mencegah kontak langsung antara tangan dengan botol hand sanitizer.

Baca Juga: Dua Bocah Karangtengah Sragen Meninggal Dunia Tenggelam di Sungai Mungkung

Alat hand sanitizer pijak ini diserahkan kepada masyarakat untuk kemudian diletakkan di berbagai tempat, khususnya fasilitas umum seperti masjid, mushola, dan kantor pemerintahan.

Penyerahan alat hand sanitizer pijak ini dilaksanakan pada Sabtu (29/8/2021) oleh perwakilan kelompok KKN 342 UNS sekaligus dilakukan uji coba oleh Kepala Desa Soko, Tamin.

Selain pembuatan teknologi tepat guna hand sanitizer pijak, juga dilakukan program lain di antaranya sosialisasi mengenai makanan sehat, penggunaan hand sanitizer, dan peraturan daerah. Juga dilakukan pemberdayaan UMKM serta program peduli literasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat desa Soko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya