SOLOPOS.COM - KKN UNS Tim 382 memasang planterbag dan sosialisasi Budikdamber di RW 05, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Keterbatasan lahan sering menjadi kendala untuk berkebun, namun di tangan mahasiswa KKN UNS Tim 382 hal itu tidak menjadi masalah. Dengan vertikultur planterbag dan budikdamber, hobi berkebun bisa terealisasi.

Hal itu yang kemudian diterapkan mahasiswa UNS di RW 05, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo. Melalui program kerjanyanya, KKN UNS tim 382 memanfaatkan dinding rumah dan lahan warga untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Program kerja itu pun dilaksanakan pada Minggu 22 Agustus 2021, mahasiswa UNS melakukan sosialisasi sekaligis praktek pemasangan planterbag pada dinding rumah warga. Planterbag kemudian diisi dengan tanaman yang bermanfaat bagi warga. Seperti sawi, kangkung, dan terong.

Baca juga: Limbah Ciu Cemari Bengawan Solo, Operasional IPA Semanggi Solo Disetop

Pemilihan tanaman tersebut oleh KKN UNS Tim 382, dengan harapan selama pandemi warga Sondakan mampu menciptakan ketahanan pangan secara mandiri. Selain itu meminimalisir mobilitas di luar rumah dan dapat menghemat anggaran belanja kedepannya.

Tak hanya itu, mahasiswa UNS juga mengajari bagaimana cara membuat pupuk kompos menggunakan komposter. Caranya dengan memanfaatkan bahan organik yang mudah ditemukan. Seperti daun kering atau sisa-sisa makanan yang dihasilkan oleh rumah tangga. Sehingga warga dapat mengubah limbah rumah tangga menjadi pupuk organik.

KKN UNS Tim 382 dengan Koordinator Andre Priyowaskito, serta anggota Ana Nur Aini, Maria Balpi Rutika, Melinia Puspita R. Juga Sya’ban Wildan S, Syafitri Chaerunisa M, Syifa Qurrota A, Yulina Miftakhul J melaksanakan kegiatan lain yang berhubungan dengan ketahanan pangan.

Baca juga: Joss! UNS Solo Masuk Rangking Universitas Terbaik Dunia

Yakni program budidaya ikan dalam ember atau biasa disingkat Budikdamber. Program kerja KKN UNS Tim 382 ini dilaksanakan pada hari Minggu 29 Agustus 2021. Setelah melakukan sosialisasi, mahasiswa UNS membagikan ember untuk Budikdamber kepada masyarakat RW05. Program Budikdamber ini sendiri merupakan budidaya ikan lele dan sayuran kangkung yang dilakukan dalam satu ember dengan menggunakan sistem akuaponik.

“Kami harap program ini bisa bermanfaat bagi warga RW05 Kelurahan Sondakan di masa pandemi ini. Agar tidak bosan saat di rumah saja, melalui vertikultur planterbag dan budikdamber ini, bisa melakukan kegiatan produktif. Warga juga dapat menikmati hasilnya untuk kebutuhan sehari-hari” ujar Koordinator KKN UNS Tim 382, Andre Priyowaskito.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya