KKN di Cemani Sukoharjo, Mahasiswa UNS Bagi-Bagi Ilmu Pembuatan Instalasi Hidroponik

Salah satu dari sembilan program kerja Mahasiswa Kelompok KKN UNS 223 yang dikerjakan adalah pembuatan instalasi hidroponik.
KKN di Cemani Sukoharjo, Mahasiswa UNS Bagi-Bagi Ilmu Pembuatan Instalasi Hidroponik
SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Mahasiswa Kelompok KKN UNS 223 melakukan sosialisasi pembuatan instalasi hidroponik dengan tujuan hasil panen dari tanaman tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, sebagai sumber makanan sehat dan murah.

Kelompok KKN 223 dengan ketua Dzakwan Murtadlo Mukti (FKIP/Pendidikan Teknik Mesin) dengan anggota Diana Novita (FEB/Akuntansi Transfer), Dina Widya Safitri (FMIPA/Biologi), Evi Nur Faizah (FKIP/Bimbingan dan Konseling), Fadhilah Sausan (FIB/Ilmu Sejarah), Fanny Fadhilah Azhaar (FKIP/Pendidikan Sejarah), Goldwina Aphroditerri Agnjana (FH/Ilmu Hukum), Inggar Lati Pangestu (FKOR/Pendidikan Kepelatihan Olahraga), dan yang terakhir Laili Nur Rizki (FP/Agroteknologi) dengan Dosen Pembimbing Lapangan adalah Dr. Muhammad Sabandi, S.E., M.Si.

KKN ini dilaksanakan pada 20 Juli 2021 hingga 31 Agustus 2021 nanti. Pelaksanaan kegiatan KKN terpusat di Desa Cemani atau lebih tepatnya berada di RW 014, Cemani Baru. Banyak sekali progam kerja baik secara kelompok maupun individu yang dilakukan di Desa Cemani ini.

Baca Juga: Bisa Online, Pengurusan Izin Usaha di Sukoharjo Hanya 30 Menit

Salah satu dari sembilan program kerja Mahasiswa Kelompok KKN UNS 223 yang dikerjakan adalah pembuatan instalasi hidroponik. Kegiatan pembuatan instalasi tanaman hidroponik dilaksanakan di Dusun Cemani Baru yang diikuti oleh perwakilan warga RT 005/RW 014. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dan hanya melibatkan 9 orang perwakilan karena situasi pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu Jumat (20/8/2021), Sabtu (21/8/2021), dan Rabu (25/8/2021).

“Tujuan kami memilih untuk membuat instalasi hidroponik dalam program kerja KKN saat ini didasari dengan salah satu proker kami yaitu tentang pola hidup sehat. Di mana dengan kita menerapkan pola hidup sehat maka kita akan lebih kuat dan juga tidak mudah terkena penyakit atau tertular penyakit Covid-19 ini,”sebut Mahasiswa Kelompok KKN UNS 223.

Salah satu kegiatan pola hidup sehat ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan penuh dengan vitamin dan zat zat yang baik bagi tubuh.

Baca Juga: Pakai Bahan Kualitas Premium, Produk Kerajinan Karya Perempuan Sukoharjo ini Tembus Pasar Belanda dan Thailand

Para mahasiswa UNS ini ingin meningkatkan sumber makanan bernutrisi bagi warga sekitar dengan menanam sayuran sendiri menggunakan media hidroponik mengingat di Desa Cemani sendiri kekurangan lahan pertanian atau tanah kosong yang bisa dimanfaatkan untuk menanam sayur sayuran.

Dengan menggunakan media hidro/air untuk dijadikan media tanam sayur sayuran warga bisa diketahui kehigienisan dan juga keorganikan tanaman yang ditanam.

Alasan lain dari pembuatan Instalasi hidroponik ini adalah masa panen dari tanaman hidroponik ini bisa dibilang lebih cepat dibandingkan masa panen tanaman di tanah.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago