SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelabuhan perikanan. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTAKawasan Industri Terpadu (KIT) Batang sebentar lagi akan didukung pelabuhan.  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera membahas proyek pembangunan pelabuhan pendukung KIT di Jawa Tengah itu.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menilai kawasan industri harus didukung dengan infrastruktur transportasi seperti pelabuhan yang ekonomis agar biaya operasionalnya tidak mahal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, operasional pelabuhan berjalan baik jika ada satu runtutan operasi yang mudah dan efisien. Baik dari jarak tempuhnya, aksesibilitasnya, levelingnya, dan sebagainya.

“Kami akan membahas lebih detail terkait teknis operasional pembangunan pelabuhan di KITB [KIT Batang] dengan sejumlah pihak,” kata dia dalam siaran pers, Senin (4/7/2022).

Dia menjelaskan, sejumlah infrastruktur transportasi akan dibangun di kawasan industri tersebut. Di sektor kereta api, yaitu dengan pengembangan Stasiun Plabuan dan reaktivasi jalur KA Semarang Tawang – Pelabuhan Tanjung Emas.

Baca Juga: KIT Batang Fase I Sold Out, Pabrik-Pabrik Mulai Beroperasi 2024

Sementara di sektor laut, yaitu pembangunan pelabuhan daratan (dry port) dan pembangunan jetty/trestle/dermaga. Adapun pembangunan sejumlah infrastruktur transportasi tersebut mulai dibangun dari 2022 hingga 2024.

Pada Juni 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi KIT Batang untuk melihat dimulainya tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi. Presiden menyebut investasi itu merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai hilir.

Keberadaan kawasan tersebut diharapkan mampu memberikan efek berganda yaitu mendatangkan investasi dari luar, membuka lapangan kerja yang luas, dan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Batang dan daerah sekitarnya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Kemenhub Bahas Proyek Pelabuhan Pendukung Kawasan Industri Batang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya