SOLOPOS.COM - Berlian biru (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, SOLO – Sebuah berlian berwarna biru yang merupakan salah satu jenis berlian langka ditemukan di Pertambangan Culinnan, Afrika Selatan. Berlian yang menjadi dambaan seluruh dunia tersebut ditaksir memiliki nilai ekonomi yang cukup fantastis, yakni US$15 juta hingga US$20 juta atau senilai Rp180 miliar hingga Rp240 miliar.

Salah satu penambang berlian tersebut mengungkapkan penemuan ini adalah suatu hal yang sangat luar biasa. Berlian biru ini memiliki kandungan 29,6 karat dan diperkirakan mampu melampaui rekor penemuan berlian terakhir di tahun 2013 lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berlian biru pernah ditemukan pada tahun 2013. Itu temuan terakhir berlian biru di Planet Bumi. Kala itu berlian itu bisa terjual hingga US$16,9 juta atau senilai Rp204 miliar.

Ekspedisi Mudik 2024

Chief Executive Petra Diamonds yang merupakan pemilik tambang tersebut, mengatakan bahwa penemuan batu berlian ini  merupakan yang paling signifikan dari rekor penemuan sebelumnya.“Oleh beberapa margin, ini merupakan batu berlian yang paling signifikan dalam penemuan batu berlian berwarna biru,” ungkap Johan Dippenaar seperti dilansir Reuters, Selasa (21/1/2014)

Analis Cailey Barker mengungkapkan bahwa berlian ini merupakan berlian yang sangat istimewa sehingga diperkirakan mampu terjual hingga US$20 juta melalui sistim lelang. Sebelumnya, 2 berlian berharga juga ditemukan dari tambang Culinnan, Afrika Selatan. Keduanya merupakan milik Petra Diamonds dan telah ditampilkan di Istana Buckingham, London, Inggris dan dianggap menjadi berlian paling langka dan berharga di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya