SOLOPOS.COM - Rum berusia 235 tahun di ruang bawah tanah (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 12 botol minuman keras jenis rum berusia 235 tahun ditemukan di sebuah bangunan bawah tanah. Sebotol minuman langka ini kini terjual dengan harga cukup fantastis, yakni 8.225 poundsterling atau setara dengan Rp158 juta. Transaksi itu sekaligus menjadikan rum tersebut sebagai rum termahal sepanjang sejarah.

Rum berusia 235 tahun terjual Rp158 juta (Dailymail.co.uk)

Rum berusia 235 tahun terjual Rp158 juta (Dailymail.co.uk)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Daily Mail, Rabu (4/3/2014), ke-12 botol tersebut ditemukan dalam kondisi yang penuh dengan debu di ruang bawah tanah rumah Harewood di Kota Leeds, Inggris. Temuan itu kemudian dilelang oleh perusahaan anggur Harrogete Fine Wine Company di Balai Lelang Cristie, London, Inggris.

Mark Lascelles, saudara ke-8 Harewood mengatakan dirinya telah mengetahui botol-botol tua tersebut berada, tapi ia sengaja tak memberitahukan kepada siapapun. Tapi mendiang ayahnya mengatakan agar dirinya menginventarisasi seluruh botol tua tersebut, jadi mereka memutuskan untuk mengambil satu sampel.

“Kami membawa satu botol ke toko dan mungkin butuh waktu setengah jam untuk membersihkannya dan butuh waktu setengah jam lagi untuk membuka tutup botolnya,” kata Mark Lascelles.

Botol yang diperkirakan dibuat pada tahun 1780 itu dihargai 800 poundsterling atau senilai Rp15 juta, tapui ternyata rum langka tersebut mampu terjual 10 kali lebih tinggi dari perkiraan awal. Sebotol rum tersebut mampu terjual dengan harga 8.225 poundsterling atau senilai Rp158 juta.

Semua hasil penjuakan akan diberikan kepada Yayasan Geraldine Connor. Yayasan tersebut merupakan badan amal yang membantu insan seni dalam pertunjukan yang berkait erat dengan pemilik rumah Harewood.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya