[x] close
KISAH UNIK : Pohon Pisang di Galur Ini Punya 3 Tandan & 6 Jantung
Solopos.com|jogja

KISAH UNIK : Pohon Pisang di Galur Ini Punya 3 Tandan & 6 Jantung

Kisah unik mengenai buah pisang di Pandowan

Solopos.com, KULONPROGO -- Fenomena unik terjadi di lahan pertanian wilayah Desa Pandowan, Kecamatan Galur, Kulonprogo. Warga sekitar dibuat heran dengan adanya tiga tandan buah dan enam jantung yang tumbuh pada satu tanaman pisang.

Warga setempat bernama Darso Wiyono mengaku pertama kali menyadari adanya keunikan pada tanaman pisang tersebut pada dua pekan lalu. Saat itu, dia sedang menjemur gabah di jalan dekat sawah milik Kepala Desa Pandowan itu. Pohon pisang itu tampak membelah seolah bercabang. Sebuah selendang diikatkan pada bagian tengah. Dia menduga hal itu dilakukan pengelola sawah agar batang pisang tidak patah.

“Di bawah kendit terlihat ada yang menonjol. Jadi saya lepas lalu saya naikkan ikatannya. Ternyata besoknya keluar jantung pisang dari situ. Besoknya lagi keluar jantung pisang lagi di atasnya,” kata Darso, Senin (16/1/2017).

Pada akhirnya, tanaman pisang jenis ambon byok itu terlihat memiliki tiga tandan buat dan enam jantung. Fenomena itu membuat warga sekitar penasaran. Darso mengungkapkan, banyak orang yang berdatangan setiap hari untuk melihat keunikan dari pisang yang ditanam sekitar lima bulan lalu itu.

“Mereka dari desa-desa sekitar sini. Ada juga orang Jogja yang mancing di sekitar sini lalu datang melihat pisang ini,” ucap Darso.

Close Video
Promo & Events
Baca Juga
View All
Berita Terpopuler
Indeks
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago