SOLOPOS.COM - Bocah yang mengaku disuruh orang tuanya berdagang koran di kawasan Tugu Muda, Kota Semarang, Jateng. (Facebook.com-Panji Dwi)

Kisah tragis dialami seorang bocah di Kota Semarang yang harus berdagang koran dari pagi sampai larut malam.

Semarangpos.com, SEMARANG – Seorang bocah di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) menjadi sorotan publik dunia maya (netizen) dengan kisah tragisnya. Bocah itu mengaku disuruh orang tuanya berdagang koran dari pagi sampai larut malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kisah tragis bocah yang dieksploitasi ortu-nya sendiri itu mencuat di media sosial (medsos) setelah diungkapkan pengguna akun Facebook Panji Dwi di dinding grup Facebook Media Informasi Kota Semarang, Minggu (28/1/2018). Panji Dwi mengaku bertemu dengan bocah itu di kawasan sekitar Tugu Muda, Sabtu (27/1/2018) malam.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan bocah tersebut menghampiri dirinya dalam keadaan basah kuyup lantaran kehujanan. Saat ditanyai, bocah itu mengaku disuruh berdagang koran oleh orang tuanya dari pagi sampai larut malam.

Aku dikongkon wong tuoku dodolan koran neng abang ijo tugu muda seko isuk nganti bengi mas, jare wong tuoku neg koran wes entek arep dipetok jam 12 bengi [Saya disuruh orang tua saya berdagang koran di lampu lalu lintas Tugu Muda dari pagi sampai malam. Jika korannya sudah habis terjual, saya akan dijemput pukul 00.00 WIB],” ungkap si bocah seperti dikutip pengguna akun Facebook Panji Dwi.

Sontak kiriman mengenai kisah tragis yang juga menunjukkan kemiskinan di ibu kota Jateng itu dibanjiri komentar netizen member grup Facebook MIK Semar. Banyak yang merasa iba dan berharap pihak terkait segera turun tangan, namun tak sedikit juga yang mengungkapkan kemarahan mereka terhadap orang tua si bocah lantaran dianggap telah melakukan eksploitasi anak.

“Ya Allah kasihan anak itu,” ungkap pengguna akun Facebook Leka Mintarsih.

“Sudah selayaknya ini komisi perlindungan anak Semarang turun tangan. Tampilkan pesonamu,” tulis pengguna akun Facebook Ozy van Joesa.

“Orang tua yang pikirannya kuwalik [terbalik]. Pengin disenengke [dibahagiakan] anak. Banyak ortu yang modelnya kayak begitu,” tulis pengguna akun Facebook Dhany Ardityaningtyas.

Banyak netizen berharap kisah tragis yang menampilkan eksploitasi anak di Semarang itu menjadi viral di medsos sehingga pihak terkait segera turun tangan. Hingga Senin (29/1/2018) petang, kirman kisah tragis yang juga menunjukkan potret kemiskinan di ibu kota Jateng itu sudah dibanjiri lebih dari 700 komentar dan sudah dibagikan lebih dari 300 kali. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya