SOLOPOS.COM - Kantor Radio Gapura di lantai IV Pasar Klewer Solo, Senin (30/5/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Memasuki bangunan Pasar Klewer di Jl Dr Radjiman, Solo, pengunjung akan langsung disuguhi suara empuk penyiar dan deretan lagu-lagu pilihan dari pengeras suara radio yang terpasang di puluhan titik.

Suara itu berasal dari Radio Gapura yang telah puluhan tahun setia menemani pedagang maupun pengunjung yang berbelanja di pasar tersebut. Jangkauan radio itu meliputi seluruh lantai Pasar Klewer mulai dari parkiran di basement hingga lantai IV.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com, radio ini terletak di lantai IV Pasar Klewer, tepat berada di antara toilet dan lift. Ruangannya hanya berukuran lebih kurang 7 m × 8 m. Tidak terlalu besar karena hanya menampung dua sampai tiga penyiar di dalam studio rekaman.

Keunikan dari Radio Gapura Klewer, mereka menggunakan speaker di setiap sudut pasar. Sekretaris Radio Gapura Klewer, Listya Yana, mengatakan ada 90 speaker yang dipasang.

“Ada 90 speaker, jadi mau enggak mau mereka tetap mendengarkan, enggak bisa dimatiin. Bagusnya, semua informasi untuk pedagang maupun pengunjung bisa tersampaikan tanpa terlewati,” ucapnya saat ditemui Solopos.com di Radio Gapura Klewer, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: Berburu Baju Lebaran, Warga Luar Soloraya Serbu Pasar Klewer Solo

Kehadiran radio ini memudahkan pedagang untuk mengetahui informasi dari Pemerintah Kota Solo maupun dari Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK).

Bertahan Berkat Iklan

“Infonya dari HPPK, misal ada pengumuman libur Lebaran, langsung disampaikan lewat sini. Mereka [HPPK] jadi lebih efisien daripada memberikan info satu per satu ke pedagang,” terangnya.

Radio Gapura yang berada di lantai IV Pasar Klewer Solo ini memberikan pelayanan informasi yang dibutuhkan pengunjung. Informasi itu seperti pemberitahuan adanya acara di Pasar Klewer saat itu, jam tutup, hingga berita kehilangan.

Selain itu, mereka juga melayani kegiatan promosi dalam bentuk iklan. Listya mengatakan radio Gapura Klewer bertahan dengan biaya dari sponsor yang memasang iklan.

Baca Juga: Potret Suasana Pasar Klewer Solo Ramai Pengunjung Jelang Lebaran

Radio yang sudah berusia 30 tahun ini menerima semua bentuk iklan asalkan tidak melanggar peraturan. “Radio ini kan milik perorangan, jadi kami mengandalkan iklan, semua iklan bisa masuk asalkan tidak melanggar aturan,” ucapnya.

Salah satu penyiar Radio Gapura Pasar Klewer Solo, Retno, mengatakan siaran radio setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB. Saat jam siar, pendengar bisa request lagu ke studio melalui kartu yang harus dibeli seharga Rp1.000.

“Pendengar bisa request ke sini, dengan membeli kartu seharga Rp1.000. Mereka menuliskan nama, lagunya untuk siapa, dan ada titip salam juga,” ucapnya kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya