Kisah Pendaki Prancis Dapat Harta Rp2,4 Miliar dari Kecelakaan Pesawat

Harta karun berupa Zamrud, Rubi, dan Safir yang terkubur selama beberapa dekade di geltser Mont Blanc Prancis akhirnya dibagikan kepada pendaki yang menemukannya.
Kisah Pendaki Prancis Dapat Harta Rp2,4 Miliar dari Kecelakaan Pesawat
SOLOPOS.COM - ilustrasi harta karun (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Harta karun berupa Zamrud, Rubi, dan Safir yang terkubur selama beberapa dekade di geltser Mont Blanc Prancis akhirnya dibagikan kepada pendaki yang menemukannya dan pihak berwenang setempat, delapan tahun setelah ditemukan.

PromosiBlak-Blakan Wali Kota Gibran: Menciptakan Multiplier Effect Tirtonadi

Pendaki gunung itu tersandung batu-batu berharga itu pada tahun 2013. Batu tersebut masih berada dalam kotak logam yang tersembunyi saat pesawat India yang jatuh di lanskap terpencil itu sekitar 50 tahun sebelumnya.

“Batu-batu permata itu telah dibagikan pekan dalam dua lot yang sama senilai masing-masing sekitar €150.000 [Rp2,4 miliar],” kata Wali Kota Chamonix, Eric Fournier.

Eric sangat senang bahwa peristiwa itu telah diselesaikan, khususnya untuk pendaki yang dia puji karena integritasnya dalam menyerahkan temuannya ke polisi, seperti yang telah dipersyaratkan oleh hukum.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: 7 Desember 1957, Status Istimewa Diberikan untuk Aceh

Setelah diberi tahu bahwa dia akan diberikan beberapa permata awal tahun ini, pendaki itu mengatakan kepada surat kabar Le Parisien bahwa dia tidak menyesal telah jujur, dan akan menggunakan sebagian uang itu untuk merenovasi apartemennya.

Sebelumnya, dua pesawat Air India jatuh ke Mont Blanc pada 1950 dan 1966. Selama bertahun-tahun, pendaki secara rutin menemukan puing-puing, bagasi, dan jasad manusia dari kedua pesawat.

Pihak berwenang percaya bahwa batu-batu berharga itu kemungkinan besar berasal dari penerbangan 1966, yang sedang dalam perjalanan dari Mumbai ke New York.

Baca Juga: PHK Massal via Zoom, CEO di Amerika Serikat Ini Tuai Kecaman Netizen

Pesawat Boeing 707, yang terbang dari Mumbai, jatuh di sisi barat daya Mont Blanc pada 24 Januari 1996. Kecelakaan itu menewaskan 117 orang termasuk pelopor program nuklir India, Homi Jehangir Bhabha.

Pada September 2012, India mengambil sekantong surat diplomatik dari penerbangan dan tahun lalu es yang mencair dari gletser Bossins di Mont Blanc mengungkapkan salinan surat kabar India dengan tajuk berita utama sejak Indira Gandhi menjadi perdana menteri India.

Jasad manusia yang ditemukan di daerah itu pada 2017 juga diyakini berasal dari kecelakaan 1966 atau pesawat India lainnya, Malabar Princess, yang jatuh pada 1950.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago