Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Kisah Pangeran Wiroguno Jadi Asal Usul Nama Desa Wirogunan Sukoharjo

Marjono menceritakan letak makam Tumenggung Wirogunan yang menjadi cikal bakal desanya itu berada di utara sendang.
SHARE
Kisah Pangeran Wiroguno Jadi Asal Usul Nama Desa Wirogunan Sukoharjo
SOLOPOS.COM - Kantor Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com SUKOHARJO — Di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, terdapat sebuah desa bernama Wirogunan. Tidak banyak orang tahu asal usul atau sejarah nama Wirogunan, namun menurut cerita yang bertedar di masyarakat ada kaitannya dengan sosok seorang kesatria bernama Wiroguno.

Dihimpun dari laman website wirogunan-sukoharjo.desa.id, Selasa (15/3/2022), nama Desa Wirogunan diambil dari kata wiro atau wira yang berarti perwira atau kesatria, sedangkan guno atau guna berarti berguna atau bermanfaat. Jadi, Wirogunan dapat diartikan sebagai perwira atau kesatria yang berguna.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Masih mengutip laman tersebut, asal usul penamaan Wirogunan berawal dari kisah sosok Wiroguno, salah satu senopati Keraton Kartasura. Menurut Babad Giyanti, Pangeran Wiroguno merupakan orang kepercayaan Sunan Pakubuwono II. Wiroguno diberi wilayah sebagai tempat tinggal di barat Keraton Kartasura.

Baca juga: Halte BST Koridor 5 Tambah 3 Titik di Sukoharjo, Ini Lokasinya

Namun, setelah perjanjian Giyanti, Pangeran Wiroguno ikut Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengkubuwono I untuk mendirikan Keraton Kasultanan Yogyakarta. Nah, tempat tinggal Pangeran Wiroguno di barat Keraton Kartasura kemudian disebut Wirogunan dengan petilasannya berupa rumah tinggalnya yang dijadikan Makam Wirogunan dan Sendang Wirogunan yang terdapat di desa itu.

Ada Sendang dan Petilasan

Kepala Desa Wirogunan, Marjono, 68, ketika ditemui di kantor desa setempat pada Selasa menceritakan dirinya hanya mendengar dari beberapa orang terdahulu terkait sejarah penamaan Wirogunan.

“Hanya dengar cerita, tapi belum tentu valid [kebenarannya], yang jelas ada sendang sebagai petilasan, tetapi bukan umbul, hanya rembesan saja, dulunya sendang tersebut mengaliri bekas pabrik di Singopuran [Kartasura], yang sudah tutup lama, saya saja belum pernah mengalami masa itu,” katanya saat ditemui Solopos.com seusai mengikuti kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) program posyandu, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Disiplin Prokes, Ini Potret Hari Pertama PTM Terbatas di Sukoharjo

Marjono menceritakan letak makam Tumenggung Wirogunan yang menjadi cikal bakal desanya itu berada di utara sendang. “Walaupun saya belum pernah melihat secara langsung, tapi katanya ada di sana,” jelasnya.

Sebagai informasi, Desa Wirogunan berjarak sekitar 2,3 km dari Kantor Kecamatan Kartasura atau bisa ditempuh 5 menit menggunakan kendaraan bermotor. Wirogunan berbatasan dengan Desa Bolon, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar di sebelah Utara, di sebelah Selatan dengan Desa Kertonatan, Kecamatan Kartasura, kemudian Desa Ngasem, Colomadu, di sebelah Barat, dan di Timur berbatasan dengan Desa Singopuran, Kecamatan Kartasura.

Warga Desa Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Budiono, 53, mengaku tidak tahu menahu soal sejarah desanya itu. “Pernah dengar [soal Pangeran Wiroguno, tapi makamnya di mana ceritanya seperti apa tidak tahu,” katanya saat ditemui di warung depan SMPN 3 Kartasura pada Selasa.

Baca juga: Jelang Puasa akan Digelar Sadranan Ageng Keraton Kartasura Sukoharjo

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode