Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Kisah Misteri Suara Kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu

Kisah misteri kali ini tentang penampakan kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu.
SHARE
Kisah Misteri Suara Kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu
SOLOPOS.COM - Kawasan Gupak Menjangan di jalur pendakian Gunung Lawu. (Istimewa/farhanjourney)

Solopos.com, KARANGANYAR — Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 mdpl menjadi salah satu tujuan favorit pendaki. Gunung Lawu menyimpan sederet kisah misteri, salah satunya di Gupak Menjangan.

Tempat ini merupakan Pos VI jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho yang berupa padang rumput atau sabana. Jalur trek menuju ke sana termasuk landai.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Pos tersebut berada di ketinggian 2.952 mdpl. Jarak tempuh menuju ke sabana ini dari Pos V Bulak Peperangan sekitar 451 meter yang bisa ditempuh sekitar 40 menit perjalanan.

Tempat tersebut berupa sabana hijau yang biasa menjadi lokasi camping pendaki ke Gunung Lawu. Salah seorang pendaki bernama Nana asal Solo menceritakan pengalaman horor terkait kisah misteri Gupak Menjangan Gunung Lawu.

Pada Oktober 2019 lalu, dia bersama teman-temannya mendaki ke gunung bernama asli Wukir Mahendra melalui jalur pendakian Candi Cetho.

Baca juga: Bupati Karanganyar Klaim Tangga ke Puncak Gunung Lawu Pertama di Dunia

Nana dan rekan satu rombongannya itu sempat bermalam dengan mendirikan tenda di sabana tersebut untuk beristirahat. Di saat itulah dia mengalami kejadian misterius saat berada di padang rumput memesona di Gunung Lawu itu.

“Kita bikin dua tenda untuk berlima, posisinya mepet. Sekitar jam 02.00 WIB, di Gupak Menjangan itu saya dengar suara hewan kaki empat itu berkeliling tenda saya. Suaranya kayak hewan kaki empat lari keliling tenda,” kata Nana kepada Solopos.com, Senin (4/7/2022).

Lantaran suhu udara yang sangat dingin, Nana pun membatalkan niatnya untuk keluar tenda mengecek suara apa yang di dengarnya. Keesokan harinya saat membuka tenda, Nana melihat kawasan sekitarnya dipenuhi tenda pendaki lain.

“Paginya itu saya lihat di sekeliling banyak tenda lain. Jadi artinya enggak mungkin tenda saya dikelilingi suara hewan kaki empat yang lari-larian. Suaranya kayak kijang atau menjangan yang lari keliling tenda,” sambung dia.

Baca juga: Misteri Hargo Dalem Gunung Lawu, Tempat Paling Sakral di Tanah Jawa

Nana pun berkesimpulan bahwa suara yang didengarnya adalah suara makhluk tak kasat mata. Kisah misteri tentang Gupak Menjangan itu memang sudah cukup terkenal di kalangan pendaki Gunung Lawu.

Konon ketika kawasan itu sepi ada penampakan kijang atau menjangan yang merumput atau sekadar minum di tengah padang rumput itu.

Meski demikian, sabana tersebut merupakan salah satu lokasi favorit pendaki untuk berfoto. Hamparan rerumputan yang hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaki.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode