[ X ] CLOSE

Kisah Misteri Pabrik Karet Mijen, Ada Kuntilanak - Kelabang Raksasa

Dibalik fenomena misteri yang ada di pabrik tersebut, terdapat keindahan yang diusuguhkan, mulai dari bangunan era kolonialisme dan hamparan hutan pohon karet yang indah.
Kisah Misteri Pabrik Karet Mijen, Ada Kuntilanak - Kelabang Raksasa
SOLOPOS.COM - Kafe dengan konsep horor. (Tiktok)

Solopos.com, SEMARANG — Bangunan tua memang selalu identik dengan hal yang berbau mistis. Seperti bangunan pabrik karet peninggalan Belanda milik PT. Karya Deka Alam Lestari, di kawasan Jatisari, Kecamatan Mijen, di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bangunan ini sudah ada sejak 1928 dan konon banyak sekali menyimpan cerita seram yang hingga sekarang masih membuat merinding, khususnya bagi para karyawan pabrik hingga warga sekitar yang melintasi kawasan tersebut.

Dilansir dari laman Instagram @aslisemarang, Kamis (21/10/2021), seorang karyawan pabrik setempat bernama Amin Siswoto mengatakan banyak kejadian menyeramkan yang terjadi di kawasan pabrik. Seperti kemunculan secara misterius anak kecil yang bermain di dalam pabrik hingga mesin penggiling yang hidup sendiri. Sering juga muncul sosok hantu kuntilanak namun kemunculan mahkluk tak kasat mata ini sering terjadi pada perang atau malam hari.

Baca Juga: Indahnya Bendungan Wadaslintang, Dijuluki Mini Danau Toba Gaes

Hal senada juga dikatakan oleh satpam pabrik, Budi Hermansyah, yang mengatakan sosok kuntilanak penunggu pabrik memang sudah tidak lagi asing di telinganya. Dia mengaku secara pribadi mengalami pengalaman dengan kuntilanak tersebut, seperti; suka dijahili dan kadang saat dia tidur, sering didorong-dorong. Bahkan kuntilanak itu sering duduk-duduk sambil menatap Budi.

Selain kemunculan hantu kunti, masih banyak cerita mistis lainnya, seperti kemunculan binatang aneh jenis kelabang yang berukuran besar, hingga  suara-suara tangis yang misterius. Hingga berita ni ditulis, belum ada sumber yang kuat terkait kisah dibalik kemunculan mahkluk-mahkluk astral ini.

Kendati demikian, kawasan pabrik karet tersebut cukup menyenangkan untuk dikunjungi saat pagi hingga siang hari karena tempat ini memiliki udara yang sejuk dan hamparan perkebunan karet yang indah ditambah suasana kolonial yang eksotis dari bangunan pabrik.

Baca Juga: Pesona Wisata Rumah Pohon Hits di Brebes

Dihimpun dari berbagai sumber, lokasi Pabrik Karet Mijen ini berada di Desa Jatisari, Kecamatan Mijen. Di balik fenomena misteri yang ada di pabrik tersebut, terdapat keindahan yang diusuguhkan, mulai dari bangunan era kolonialisme dan hamparan hutan pohon karet yang indah. Karena pesonanya inilah, Pabrik Karet Mijen menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan agrowisata.

Saat berada di tempat ini, pengunjung bisa melihat langsung bagaimana proses pengolahan  karet dari bahan mentah hingga menjadi produk jadi. Dikemas dalam satu paket, program wisata di Pabrik Karet Mijen ini bersifat edutaintment, yaitu memberi wawasan sekaligus hiburan.

Salah satu program edukasi lainnya adalah pengenalan teknologi yang digunakan dalam proses pengolahan getah karet menjadi bahan dasar karet, selain itu juga diberikan sosialisasi akan pentingnya menjaga kelestarian alam.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago