SOLOPOS.COM - Sumber air Sendang Sanga di Dusun Klampok, Desa Ronggojati, Kecamtan Batuwarno, Wonogiri, Sabtu (22/8/2020). (Solopos.com/ M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI – Sumber mata air Sendang Sanga di Desa Ronggojati, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri memiliki keunikan lantaran tetap mengalir meski sedang musim kemarau.

Padahal beberapa wilayah di Wonogiri bagian selatan saat ini mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Air dari sendang tersebut dapat dimanfaatkan warga di beberapa dusun di Desa Ronggojati, baik musim penghujan maupun musim kemarau seperti saat ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengelola Sendang Sanga, Suparjo, 70, mengatakan nama sumber mata air itu dipilih lantaran terdiri dari sembilan sumber. Namun keberadaannya menyebar di tiga Dusun di Desa Ronggojati. Masing-masing tiga sumber mata air di Dusun Klampok, Dusun Penggung, dan Dusun Badran.

Ekspedisi Mudik 2024

Dulu Cuma Rp20.000, Berapa Bayaran Mbah Minto Klaten Sekarang?

Di balik keberadaan dan manfaat sumber air Sendang Sanga, ternyata ada juga cerita mistis tentangnya. Suparjo mengatakan ada penunggu gaib di setiap lokasi sumber air tersebut dengan wujud berbeda-beda. Jika ingin melihat makhluk itu harus mempunyai tirakat yang sungguh-sungguh hingga beberapa pekan.

"Jika pengin lihat seorang harus kondisi bersih lahir dan batin. Kalau tidak bisa dimarahi. Dulu saya juga pernah mencoba. Namun sekarang sudah tua, sudah tidak mampu," ujar dia saat ditemui Solopos.com, Sabtu (22/8/2020).

Begini Keseharian Ozie Pemeran Bu Tejo di Film Tilik, Julid dan Nyinyir?

Suparjo menambahkan, setiap malam 1 Muharam atau Sura banyak orang dari berbagai daerah, seperti Klaten, Karanganyar, dan Yogyakarta berkunjung ke Sendang Sanga. Rata-rata mereka yang berkunjung adalah pedagang.

"Malam 1 sura kemarin juga ada. Pukul 02.00 WIB sudah pada pulang. Rata-rata datang pukul 11.30 WIB," tutur dia.

Selain itu, pada zaman dulu setiap ada pemain Ledek atau Tayub yang akan melakukan pertunjukan dan melintas di jalan dekat sumber harus berhenti. Mereka harus bermain atau melakukan pertunjukan dulu di sekitar Sendang Sanga, jika tidak akan berakibat fatal.

Pembunuh 4 Orang Sekeluarga di Baki Sukoharjo Gegara Terlilit Utang?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya