SOLOPOS.COM - Ilustrasi makam angker. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG – Gunungpati tidak hanya dikenal sebagai wilayah yang memiliki segudang destinasi wisata alam di Kota Semarang. Gunungpati rupanya juga memiliki sederet kisah misteri yaang hingga kini masih dipercaya warga Kota Semarang, salah satunya terkait keberadaan Makam Tegalarum.

Makam Tegalarum terletak di Kampung Pandean, Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Makam ini konon dipercaya masyarakat sebagai makam paling angker di Kota Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kisah atau cerita misteri tentang Makam Tegalarum, ini pun sudah cukup populer di kalangan warga Kota Semarang, terutama Gunungpati. Bahkan, sejumlah kanal Youtube bertema misteri kerap membahas makam yang konon terkenal angker tersebut.

Salah satu kanal Youtube yang membahas cerita misteri Makam Tegalarum adalah GUDANG Cerita. Kanal itu menampilkan sosok Hery Supriyadi, yang merupakan anggota Janggal Misteri, kelompok penelusuran cerita misteri di Kota Semarang, yang bercerita tentang keangkeran Makam Tegalarum.

“Kali ingin memenuhi permintaan netizen tentang makam angker. Bahkan, makam ini didaulat masyarakat sebagai makam yang paling angker di Semarang,” ujar Hery dalam video di channel Youtube itu.

Baca juga: Serem, Ditumpangi 2 Wanita, Truk Pasir Tersesat di Kuburan Pringapus Semarang

Dia mengatakan banyak peristiwa aneh yang konon kerap terjadi di seitar makam tersebut. Peristiwa aneh seperti suara tangisan bayi misterius hingga teror hantu yang kerap mengetuk pintu rumah warga sekitar.

Dalam video itu, anggota Janggal Misteri juga menyampaikan bahwa kisah misteri Makam Tegalarum di Gunungpati, Semarang, itu bisa terlepas dari keberadaan sepasang makam yang berada di dalam cungkup. Salah satunya bertuliskan nama Mbah Djapar yang meninggal pada tahun 1912.

Menurutnya, makam tersebut tidak biasa karena kondisinya sangat bersih jika dibandingkan dengan makam lain. Selain itu, banyak bangku yang disusun di sekitar sana karena sering didatangi oleh para peziarah.

Mbah Djapar

Tidak diketahui secara pasti siapakah sosok Mbah Djapar yang makamnya kerap didatangi peziaran. Meski demikian, konon Mbah Djapar merupakan seorang lurah di Gunungpati dengan julukan Mbah Demang Djapar.

Baca juga: Dulu Ramai! Ini Deretan Bekas Hotel di Semarang yang Kini Angker

Semasa hidup, Mbah Djapar dikenal sebagai orang yang sakti. Bahkan, konon ia mampu menusuk batu kerikil dengan sebuah lidi seperti membuat sate.

Hery mengatakan bahwa orang yang mengunjungi makam dengan niat jahat akan segera diusir dari Makam Tegalarum Semarang. Konon, sosok gaib akan menampakkan diri dalam wujud binatang berbisa. Hujan yang disertai petir juga akan turun di area makam saja.

“Bahkan, di sepanjang jalan dekat area pemakaman sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang kebanyakan korbannya meninggal dunia. Dan masyarakat selalu mengeklaim jika kejadian langka itu ada hubungannya dengan keangkeran Makam Tegalarum,” jelasnya.

Demikianlah kisah misteri Makam Tegalarum di Gunungpati, Semarang. Percaya atau tidak, kisah itu telah beredar dan dipercaya sebagian masyarakat hingga menjadi sebuah urban legend di Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya