SOLOPOS.COM - Warga menunjukkan benda mirip jenglot di jembatan atas Bendungan Buntit, Desa Pare, Kecamatan Mondokan, Sragen, Kamis (2/7/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN – Dam Bontit di Mondokan, Sragen, tempat ditemukannya dua benda mirip jenglot belum lama ini dikenal angker. Kabarnya tempat itu sering didatangi para pencari jimat.

Kepala Desa Pare, Kecamatan Mondokan, Sragen, Samdani, mengatakan, banyak pencari jimat yang datang ke sana setiap malam 1 Suro. Mereka biasanya menuju ke tengah Dam Bontit untuk mencari jimat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Di tengahnya [Embung Buntit] ada semacam gundukan, sama warga dinamai Gunung Wijil. Kalau tiap malam 1 Suro ad ada banyak yang cari jimat ke sana,” terang Samdani seperti dikutip dari Detik.com Senin (6/7/2020).

Viral Jasa Tambal Ban Seharga Rp600.000 di Banyuwangi, Apa Istimewanya?

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, ada orang tua berjenggot panjang yang menunggu tempat itu. Samdani mengatakan orang tua itu sering terlihat berjalan-jalan di Dam Bontit, Mondokan, Sragen, saat bulan Suro tiba.

"[Orang tua itu] Sering tampak jalan-jalan terutama saat bulan Suro. Warga bernama Mbah Wagiyo pernah bertemu, mengaku dikasih doa untuk ternak [agar usaha ternaknya lancar]," kata Samdani.

Penemuan Jenglot

Samdani menambahkan, sebelumnya ada warga setempat yang mengaku pernah melihat jenglot di tempat yang sama tiga tahun lalu. Namun, orang itu takut mengambil jenglot yang dilihatnya di Dam Bontit, Mondokan, Sragen.

Luka Lebam hingga Kepala Terbentur, Ini 4 Fakta ABG Gatak Sukoharjo Meninggal Saat Latihan Silat

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, dua benda berwujud mirip jenglot itu ditemukan di Dam Bontit pada Rabu (1/7/2020). Sehari kemudian ada jenglot lain yang ditemukan di lokasi tersebut dengan jarak 10 meter dari penemuan pertama.

Kedua benda mirip jenglot itu memiliki bentuk berbeda. Jenglot pertama yang ditemukan di Mondokan, Sragen, itu tingginya sekitar 10 cm.

Benda diduga jenglot itu berwarna gelap dan berkuku panjang. Benda misterius itu juga bertaring putih panjang.

Sebelum Tugu PSHT di Gesi Sragen Dirusak, Ada Konvoi Ratusan Pendekar, Siapa Mereka?

Sementara jenglot kedua tampak seperti mumi dengan rambut panjang. Samdani mengatakan warga belum mengalami kejadian aneh sejak menemukan jenglot tersebut.

Jenglot pertama dirawat oleh Endut, warga Kaligunting, Desa Kedawung, Mondokan, Sragen. Sementara yang kedua ditemukan oleh Cokro, Warga Buntit, Desa Pare, Mondokan, Sragen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya