SOLOPOS.COM - Melly Goeslaw. (Instagram/@melly_goeslaw)

Solopos.com, SOLO-Penyanyi Melly Goeslaw terlihat sukses turunkan berat badan setelah menjalani tindakan medis bedah bariatrik sehingga memancing pujian warganet dan rekan sesama artis. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Melly menjalani prosedur bedah bariatrik sleeve gastrectomy di mana lambungnya dipotong 85 persen sehingga lebih kecil. Dia menjadi tidak mudah lapar dan gampang kenyang, berat badannya yang tadinya mencapai 87 kilogram turun menjadi 64 kilogram.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Awalnya kenaikan berat badan itu terjadi semenjak melahirkan anak pertama dan kedua. “Waktu [band] Potret dulu 48 kilogram,” kata Melly di konferensi pers bedah bariatrik, Jakarta, dikutip dari Antara pada Sabtu (12/11/2022).

Setelah melahirkan anak pertama, beratnya naik. Dia kemudian mengikuti program menurunkan berat badan hingga bobotnya menjadi 53 kilogram. Beratnya naik lagi puluhan kilogram setelah melahirkan anak kedua. Setelah memutuskan untuk mengenakan kerudung, berat badannya pernah hampir mencapai 100 kilogram.

Baca Juga: Spesial untuk Pengunjung, The Park Mall Solo Baru Suguhkan Konser Melly Goeslaw

Sebelum jalani bedah bariatrik, Melly Goeslaw mengaku sudah jalani olahraga, konsumsi obat minum sampai suntikan, bahkan bedah kosmetik untuk mengecilkan beberapa area tubuh namun tidak sukses turunkan berat badannya.  “Kalau turun 10 kilogram, naik 15 kilogram. Selalu punya laba,” canda Melly.

Merasa khawatir berat badannya yang punya kecenderungan terus bertambah, Melly Goeslaw mendapatkan banyak saran dari teman-temannya yang kemudian merekomendasikan bedah bariatrik.  Awalnya, ia ingin menjalani proses itu di Kuala Lumpur, Malaysia. Tapi rencana itu tertunda akibat pandemi Covid-19. Kemudian Melly memutuskan untuk menjalani prosedur itu di Indonesia saja. Ia menyadari perubahan tubuhnya yang drastis pasti akan diperbincangkan oleh publik.

Baca Juga: Meski Diet, Bebek Pak Slamet Jadi Makanan Favorit Melly Goeslaw di Sukoharjo

“Kalau sukses, aku ingin yang ikut sukses dan ‘terlihat’ itu dokter Indonesia,” ujar pemilik nama lengkap Melliana Cessy Goeslaw.

Keinginan Melly Goeslaw untuk turunkan berat badan dan menjaga kesehatan disebutnya sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang telah menganugerahkannya kehidupan penuh kesuksesan. Memiliki keluarga yang baik dan karir yang sukses, dia juga ingin menjalani hidup secara sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit.

Menjaga agar tubuh yang diberikan Sang Pencipta tetap sehat, itulah niat Melly dalam menjalani bedah bariatrik.  “Aku ingin bikin ending hidupku enggak konyol,” ujar putri Melky Goeslaw itu.

Komitmen Melly Goeslaw untuk hidup lebih sehat setelah sukses turunkan berat badan juga berpengaruh terhadap kebiasaannya sehari-hari. Dia memutuskan untuk berhenti merokok dan menghindari begadang.

Proses adaptasi usai operasi membuatnya tidak bisa makan dalam porsi besar. Setelah operasi, tekstur asupan makanan yang masuk ke tubuhnya tidak bisa sembarangan. Makanan yang masuk harus bertahap teksturnya. Dua pekan pertama ia menjalani diet cairan, disusul dengan bubur cair, bubur kental dan makanan biasa yang porsinya pun sedikit.

Berapa banyak makanan yang bisa dia konsumsi?

“Porsi makanku nasi satu sendok makan, biar lebih lama prosesnya aku cubit-cubit pakai tangan,” ungkap Melly yang kerap tidak bisa menghabiskan porsi tersebut bila diselingi dengan minum air.

Baca Juga:Duka Mendalam Melly Goeslaw Mendengar Oddie Agam Meninggal

Nafsu makan tetap ada, tapi lebih bisa dikontrol. Ia mengibaratkan nafsu makannya seakan punya rem yang pakem dan membuat Melly lebih bisa mengendalikan dan memilih-milih makanan yang akan disantap. Melly tahu dirinya kini lebih mudah kenyang, jadi secara otomatis dia tak lagi “kalap” dalam mengonsumsi berbagai hidangan.

“Dulu kalau ada niat diet tapi makanan enak, pasti bilang ‘besok saja’,” tutur istri musisi Anto Hoed yang sama-sama anggota grup musik Potret.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya