SOLOPOS.COM - Kapolsek Banjarsari, AKP Pardjono, menyerahkan bantuan sembako dan alat tulis kepada kakak beradik yang menjadi pemulung di Solo, Jumat (24/6/2022) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Dua bocah kakak beradik, Bagas Pamungkas, 10, dan Muhammad Risky Saputra, 7, bekerja sebagai pemulung di Kota Solo.

Mereka tinggal di kamar indekos di kawasan Gilingan, Banjarsari, bersama ibunya, Ani Sri Andani, 38, dan seorang adik yang berusia lima tahun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ayah mereka sudah meninggal dunia setahun lalu. Bagas sempat mengatakan ia bekerja sebagai pemulung atau pengumpul barang rongsokan karena ingin membantu ibu dan membelikan sepeda untuk adiknya.

Bagas mengaku melakukan itu atas keinginan sendiri, tanpa paksaan dari siapa pun.

“Pengin nyari rongsok buat beli sepeda adik, sama ibu dibolehin,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Pasar Klewer beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bantuan untuk Kakak Beradik Pemulung di Solo Mengalir, Terima Kasih Pak

Sama halnya seperti bocah pemulung cilik itu, ibu dan almarhum bapaknya pun melakoni pekerjaan sebagai pencari rongsokan yang masih layak jual untuk mencukupi kebutuhan hidup di Kota Solo.

Kini, Bagas yang masih kecil pun ikut menjalani pekerjaan tersebut dengan niat membelikan adiknya sepeda.

“Setiap hari jalan kaki dari patung keris ke sini [Pasar Klewer],” ucapnya singkat.

Baca juga: Pengamanan 2 Laga Piala Presiden, Jalan Adisucipto Solo Akan Ditutup

Adik Bagas, Muhammad Risky Saputra juga menjadi pemulung. Namun berbeda dengan kakaknya yang memulung di Pasar Klewer, Risky menjadi pemulung di kawasan Nusukan.

Solopos.com beberapa kali menjumpai Risky tengah berjalan kaki sambil membawa karung berisi barang-barang rongsokan di Jl Piere Tendean, Nusukan, Banjarsari. Seperti pada Rabu (22/6/2022) siang, dia berjalan sendirian di tengah terik sinar Matahari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya