Kisah Anna Silvia Dobrak Tradisi Kejawen di Solo: Jadi Pramugari di Dubai – Wakili Indonesia di Miss Elite World 2021
Solopos.com|soloraya

Kisah Anna Silvia Dobrak Tradisi Kejawen di Solo: Jadi Pramugari di Dubai – Wakili Indonesia di Miss Elite World 2021

Kisah inspiratif kali ini tentang sosok Anna Silvia, wanita Solo yang mendobrak tradisi Kejawen hingga sukses menjadi pramugari di luar negeri.

Solopos.com, SOLO – Anna Silvia, 27, wanita asal Menangan, Serengan, Kota Solo, mendobrak tradisi Kejawen di lingkungan tempat tinggalnya. Kini wanita cantik asal Solo itu bekerja sebagai pramugari di maskapai penerabangan Emirates Airlines.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo itu menceritakan sejak lulus dari SMAN 1 Solo ia memiliki cita-cita mengunjungi tiga kota di tiga negara berbeda. Ketiganya yakni Napoli di Italia, Istanbul di Turki, dan Dubai di UEA.

Baca juga: Lebaran di Solo, Yuk Cicipi Lontong Opor Bubuk Kedelai

Tradisi Kejawen & Keluarga Religius

Pramugari asal Solo itu awalnya tak yakin bisa mewujudkan mimpinya itu. Ia menyebut mimpi ke luar negeri itu cukup mustahil mengingat di lingkungannya, gadis usia 20-an tahun harus segera menikah.

Selain itu, Anna mengaku dari keluarga yang ia sebut super religius. Bahkan, ketika ia menceritakan mimpinya pergi ke Malaysia, ia malah diejek oleh lingkungannya.

“Dari awal ke luar negeri saya bangun dari nol dan saya membiayai diri sendiri. Meskipun keluarga saya terbilang mampu. Mimpiku adalah tanggung jawabku. Saya tidak ingin jadi beban, saya memutuskan mencari beasiswa sejak di kampus,” papar pramugari cantik asal Solo itu.

Baca juga: Kejari Sragen Ajukan Kasasi, Sugiyono Bos Semut Rangrang Bakal Dipenjara?

Italia

Saat kuliah, Anna bergabung dengan organisasi pertukaran pelajar, AISEC. Dari situ ia berhasil mewujudkan mimpinya mengunjungi Italia pada akhir masa perkuliahan. Selama di Italia pada Mei hingga Juli 2013, ia dibiayai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Baca juga: 4 Takjil Favorit Warga Soloraya, Mana Kesukaanmu?

Turki

Kunjungan ke Italia itu pun membuka pandangannya untuk berkeliling dunia. Setelah lulus kuliah, ia mengikuti program work away. Program itu membawanya ke negara impian ke dua yakni, Turki.

Di Istanbul, Turki, ia magang berbagai pekerjaan yang tak biasa ia lakukan. Dari magang itu, ia memperoleh tempat tinggal dan makan gratis meskipun tanpa digaji selama tiga bulan pada September 2016.

"Kunjungan ke dua ke negara impian semakin mendorong saya untuk berkeliling dunia. Saya akhirnya mendaftar jadi pramugari Qatar Airways di Singapura pada 2017,” paparnya.

Baca juga: Klaster Masjid Pelemgadung Sragen: Ustaz Meninggal Kena Covid-19, Masjid Lockdown 

Jadi Pramugari

Perempuan asal Solo itu pun diterima sebagai pramugari Qatar Airways dan bekerja di Qatar. Dari sana ia mencari peluang lain dan mendapat informasi Emirates Airline, maskapai dari negara ketiga di daftar cita-citanya, UEA, membuka perekrutan.

"Saat itu open recruitment di Jakarta, cukup terkejut dengan jumlah peserta yang mencapai 2.000-an orang dari seluruh dunia. Hanya empat orang terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan yang diterima Emirates Airline. Saya termasuk yang berangkat ke Dubai," ujarnya.

Anna bercerita diterima di Emirates Airline pada percobaan pertama. Padahal saat berusia 18 tahun dara asal Solo itu pernah mendaftar sebagai pramugari di maskapai besar Indonesia, namun ditolak. Ia mengakui kurang persiapan.

“Mimpi itu akhirnya jadi nyata. Padahal sering kali saya disepelekan. Saya berangkat dari Solo, dan merasakan mimpi itu jadi nyata,” paparnya.

Jadi Miss Elite World Indonesia

Anna Silvia akan mewakili Indonesia di kontes Miss Elite World. Kontes tersebut akan digelar di Mesir pada 29 Mei 2021 mendatang.

Rekan Anna yang merupakan Miss Rumania dan runner up Miss Europe mengajaknya untuk mengikuti seleksi Miss Elite World. Hasilnya, ia dinyatakan lolos mewakili Indonesia dalam ajang itu.

“Saya akui saya minder dari tinggi fisik yang hanya 165 sentimeter. Padahal rekan saya jauh dari itu dan sangat profesional. Lawan saya dalam Miss Elite World kali ini ya Miss Universe dari negara mereka masing-masing. Ini pertama kali saya bertanding di internasional,” papar Anna kepada Solopos.com, Minggu (5/2/2021).



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago