Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Kisah 2 Mahasiswa UKSW Juliette-Christian Jadi Duta Genre Kota Salatiga

Dua mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Kota Salatiga, Jawa Tengah, Juliette Heuvel Harlapan dan Christian Wolter William Tambani menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) 2022.
SHARE
Kisah 2 Mahasiswa UKSW Juliette-Christian Jadi Duta Genre Kota Salatiga
SOLOPOS.COM - Juliette Heuvel Harlapan dan Christian Wolter William Tambani. (Istimewa/Dokumentasi Humas UKSW Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Dua mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Kota Salatiga, Jawa Tengah, Juliette Heuvel Harlapan dan Christian Wolter William Tambani menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) 2022.

Pemilihan Duta Genre diadakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Pelindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Salatiga pada Selasa (26/07/2022).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Juliette Heuvel Harlapan tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom). Juliette menyandang juara pertama putri. Berikutnya, Christian Wolter William Tambani mahasiswa Fakultas Interdisiplin (Fid). Dia juga meraih juara pertama putra.

Duta Genre yang terpilih akan menjadi role model dan spokesperson perwakilan Kota Salatiga dalam meningkatkan pemahaman mengenai kesehatan remaja, kependudukan, delapan substansi generasi berencana, dan lain-lain.

Juliette menjelaskan lomba Duta Genre mempersiapkan anak-anak muda sebagai motivator dan figur teladan. Peran anak muda memberikan wawasan kepada generasi muda lain tentang kesehatan reproduksi. Selain itu, menciptakan remaja bebas narkoba dan HIV/AIDS.

Baca Juga : Gelar Yudisium, Ini Lulusan ke-48 dan ke-49 Doktor Manajemen UKSW

“Aku prihatin ketika melihat banyak remaja menikah di usia dini. Banyak di antara hanya memiliki pengetahuan yang minim tentang sex education. Kebanyakan ingin mempunyai anak dengan rentang usia yang tidak terlalu jauh, tetapi remaja ini tidak memikirkan dampak,” terang dara kelahiran 16 Juli 2002 ketika dihubungi Solopos.com melalui pesan singkat, Jumat (5/8/2022).

Lomba Duta Genre dilaksanakan melalui seleksi orasi visi misi dan program yang ingin dibuat dalam rangka mengampanyekan wawasan kesehatan reproduksi, menciptakan remaja bebas narkoba dan HIV/AIDS, dan Perencanaan Usia Pernikahan (PUP).

Mewakili Salatiga

Selain itu, peserta diminta menunjukkan bakat sesuai minat. Dalam ajang pemilihan Duta Genre kemarin, Christian, peraih juara pertama putra menampilkan bakat minat dalam bidang fotografi.

“Aku menampilkan foto dengan tema Merayakan Matahari, artinya kita diibaratkan seperti matahari yang tidak pernah berhenti bersinar. Demikian pula kita seharusnya tidak pernah berhenti dan terus melangkah untuk menjadi orang yang berdampak untuk sesama,” terang mahasiswa asal Kota Bitung, Sulawesi Utara ini.

Baca Juga : 3 Robot R2C Karya Mahasiswa UKSW Melenggang ke KRI Tingkat Nasional

Mereka mengaku ajang pemilihan Duta Genre menjadi wadah belajar dan mengembangkan potensi. “Dari pemilihan Duta Genre ini aku belajar banyak hal. Mulai dari wawasan mengenai program BKKBN terhadap remaja dan bagaimana menyampaikan kampanye kepada remaja. Tentunya mengasah public speaking,” imbuh Juliette.

Juliette dan Christian akan mewakili Kota Salatiga di tingkat Provinsi Jawa Tengah pada bulan Februari 2023. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan Juliette dan Christian.

“Setelah ini aku akan lebih mempersiapkan diri belajar mengenai perencanaan yang bisa dikampanyekan kepada para remaja. Belajar public speaking menggunakan Bahasa Inggris. Mengasah bakat minat lagi, yaitu fotografi dan desain grafis,” ungkap Christian.

Dalam kesempatan yang sama, Juliette dan Christian mengajak remaja secara umum dan Salatiga khususnya untuk bersama-sama mulai merencanakan kehidupan sejak saat ini. Selain itu, menghindari hal-hal yang bisa merusak cita-cita, seperti narkoba dan seks bebas.

Baca Juga : Dua Prodi FTI UKSW Berhasil Raih Predikat Akreditasi Unggul



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode