SOLOPOS.COM - Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin beraksi dalam Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul, Korsel, Jumat (6/5/2022). (Antara/HO-IFSC/Dimitris Tosidis)

Solopos.com, JAKARTA – Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin kembali mempertajam rekor dunia dengan catatan waktu 5,04 detik pada babak kualifikasi nomor speed putra dalam ajang Speed and Lead World Cup di Villars, Swiss, Jumat (1/7/2022).

Dalam laman resmi Federasi Olahraga Panjat Tebing Internasional (IFSC), disebutkan Kiromal Katibin dua kali melakukan pemecahan rekor di Swiss.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum membukukan 5,04 detik, pada hari yang sama dia lebih dulu melibas dinding setinggi 15 meter dengan 5,09 detik.

Torehan waktu di Swiss lebih baik dari sebelumnya saat dia tampil di nomor speed putra pada babak kualifikasi di World Cup International Sport Climbing (IFSC) di Salt Lake City, Amerika Serikat (AS), Jumat (27/5/2022) dengan 5,10 detik.

Ini merupakan kali kelima secara keseluruhan atau ketiga sepanjang tahun ini nama Katibin tercatat sebagai pemegang rekor dunia untuk nomor speed putra.

Baca Juga: Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing di Korea Selatan

Kali pertama Katibin menobatkan diri sebagai pemegang rekor dunia saat tampil di Salt Lake City, 28 Mei 2021, dengan 5,25 detik.

Kemudian rekor tersebut sempat dipecahkan oleh sesama atlet Indonesia Veddriq Leonardo pada hari yang sama dengan 5,20 detik.

Lalu, Katibin kembali menyandang status pemegang rekor dunia pada 6 Mei 2022 di Seoul, Korea Selatan dengan 5,17 detik sebelum mempertajamnya di Salt Lake City pada 27 Mei 2022.

Adapun pada babak kualifikasi Speed and Lead World Cup di Swiss, Katibin berada di atas dua wakil Cina Long Chao dan Jianguo Long yang menempati urutan kedua dan ketiga dengan masing-masing membukukan 5,21 detik dan 5,21 detik.

Baca Juga: Mantap, Atlet Panjat Tebing Indonesia Juara Dunia di Amerika Serikat

Wakil Indonesia lainnya Veddriq berada di urutan ke delapan dengan 5,37 detik dan diikuti Alfian Muhammad Fajri di posisi ke sembilan dengan 5,43 detik dan Rahmad Adi Mulyono di bawahnya dengan 5.45 detik.

Sementara itu, Zaenal Aripin di urutan ke-15 seusai mencatatkan waktu 5,57 detik. Kemudian Aspar yang membukukan 5,59 detik berada di posisi ke-17.

Katibin dan kawan-kawan masih akan melanjutkan perlombaan pada final yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat pukul 09.00 waktu setempat atau siang hari ini WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya