SOLOPOS.COM - Warga menyerbu Bhre Mangkunagoro X dan KGPH Purboyo seusai kirab dan penutupan Solo Menari 2022 di Balai Kota Solo, Jumat (29/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Keikutsertaan Mangkunagoro X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Purboyo dalam kirab Solo Menari 2022, Jumat (29/4/2022), menjadi daya tarik tersendiri bagi warga.

Banyak warga dan penonton kirab yang kemudian memburu mereka untuk berfoto bersama seusai acara di Balai Kota Solo. Kedua sosok keturunan trah Mataram itu pun dengan sabar melayani warga mengajak foto bersama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan ketika mereka duduk di panggung khusus untuk menyaksikan pentas tari, warga masih mencuri-curi untuk memotret mereka menggunakan kamera ponsel. Di panggung itu mereka duduk berderet mulai dari KGPH Purboyo, Mangkunagoro X, Gibran, Menparekraf Sandiaga Uno, dan tamu kehormatan lainnya.

Di akhir acara, para tamu kehormatan memanah ke arah Pendapi Gede Balai Kota Solo. Panah tersebut tanda rangkaian Solo Menari 2022 termasuk kirab telah usai. Setelah itu, warga berbagai usia yang duduk menonton langsung menyerbu kelima orang untuk meminta foto.

Uniknya, muda-mudi paling banyak menyerbu Bhre dan Purboyo. Mereka bergantian berfoto lalu senyum-senyum begitu melihat hasilnya di telepon seluler mereka. Kedua anak muda keturunan trah Mataram Islam tersebut tanpa ragu melayani warga.

Baca Juga: Ikut Kirab Solo Menari 2022, Begini Penampilan Bhre MN X & KPGH Purboyo

Kali Pertama Bertemu

Salah satu penonton, Christella, 41, bersama anaknya, Agya, 9, menjadi yang cukup beruntung bisa berfoto dengan Mangkunagoro X dari dekat. Warga Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Solo, tersebut mengaku baru kali pertama itu bertemu langsung dengan Bhre.

Padahal rumahnya dekat Pura Mangkunegaran. Sebelumnya, Christella dan Agya duduk di samping tenda khusus tamu VIP saat menonton. Mereka berjarak sekitar dua meter dari Purboyo, Bhre, Sandi, dan Gibran.

Christella yang merupakan perempuan kepala rumah tangga tersebut lalu memeluk Agya sambil memotret Putra Mahkota Keraton Solo di sampingnya. “Agya aktif menari sejak usia empat tahun dengan bergabung Sanggar Sarwi Retno Budaya. Solo Menari kali ini enggak diajak sebab yang ikut minimal anak usia remaja,” kata Christella.

Baca Juga: Lucunya Jan Ethes Pakai Baju Parikesit Saat Ikut Gibran di Solo Menari

Dia mengatakan Agya terlibat pada Solo Menari 2021 yang berlangsung serentak di seluruh kantor kelurahan di Kota Solo secara virtual. Bocah kelas IV tersebut ingin menonton sejak pagi namun ibunya bekerja sehingga baru bisa menonton kirab Solo Menari sore hari.

“Saya kerja, baru bisa nganterin yang terakhir di Balai Kota. Di Ngarsapura dan McDonald’s Slamet Riyadi enggak kekejar,” paparnya. Sementara Agya mengaku telah mengenal Bhre, Sandi, dan Gibran. “Sudah kenal lewat Instagram,” kata Agya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya