Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca
 Pasangan pengantin Kahiyang Ayu (kanan) dan Bobby Nasution (kiri) berada di dalam kereta kencana saat Kirab Kereta Kencana Pengantin melintas di Jalan Gagak Hitam, Medan, Sumatra Utara, Minggu (26/11/2017). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana/kye/17)
Espos Plus Lifestyle

Kirab Pengantin Jawa, Simbol Kedekatan Penguasa & Rakyat

Kirab pengantin merupakan tradisi adat Jawa pada zaman keraton sebagai simbol kedekatan keluarga kerajaan dengan rakyat.

Solopos.com, SOLO — Acara ngunduh mantu dalam rangkaian prosesi pernikahan adat Jawa antara Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022) akan dimeriahkan dengan kirab pengantin. Kirab tersebut dilakukan dari Loji Gandrung, tempat serangkaian prosesi adat digelar, menuju ke Pura Mangkunegaran sebagai lokasi pesta atau resepsi.

Dalam kirab itu, pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menumpang kereta kencana dengan kusir bernama Aiptu Warsito, anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Kesugihan Polresta Cilacap. Ada 12 kereta kuda yang dipersiapkan untuk acara kirab tersebut. Khusus untuk kereta pengantin akan ditarik oleh enam ekor kuda. Sementara 11 kereta lainnya masing-masing menggunakan tenaga dua ekor kuda.

Berita Terpopular
Indeks Berita
Part of Solopos.com
ISSN BRIN
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode