Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Kirab Malam 1 Sura dan Kehadiran Kebo Bule Keraton Surakarta

Kirab Malam 1 Sura dan Kehadiran Kebo Bule Keraton Surakarta
user
Minggu, 24 Juli 2022 - 14:50 WIB
share
SOLOPOS.COM - Sejumlah kerbau bule keturunan Kiai Slamet menjadi cucuk lampah saat Kirab Malam 1 Sura yang digelar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo, Kamis (15/11/2012) dini hari. (Foto: JIBI/SOLOPOS/dok)

Solopos.com, SOLO — Kirab malam 1 Sura Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada Jumat (30/7/2022) malam Sabtu (31/7/2022), dipastikan tanpa kehadiran kebo bule sebagai cucuk lampah. Ketidakhadiran hewan ikonik yang telah eksis sejak era Paku Buwono (PB) II itu dikarenakan delapan ekor di antaranya terserang penyakit mulut dan kuku (PMK).

Delapan ekor kerbau bule yang terjangkit PMK tersebut merupakan kerbau senior yang biasa dilibatkan dalam kirab malam 1 Sura. “Dari Dinas [Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Solo] tidak merekomendasikan kerbau-kerbau yang kena PMK itu ikut kirab malam 1 Sura,” jelas adik Paku Buwono (PB) XIII yang juga Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Solo, GKR Wandansari yang akrab disapa Gusti Moeng, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (21/7/2022) malam.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN