SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka diwawancara wartawan di Loji Gandrung, Solo, Senin (28/3/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Sebelum menjabat Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, 34, dikenal sebagai pengusaha sukses yang memiliki banyak bisnis.

Selama meniti karir sebagai pengusaha, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini dikenal memiliki usaha kuliner antara Martabak Kota Barat (Markobar) dan Catering Chili Pari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selama menjadi pengusaha, Gibran berhasil mengumpulkan pundi-pundi kekayaan hingga mencapai Rp21.152.810.130. Hal itu merujuk Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi 2020.

Baca Juga: Maju Pilkada Solo Ongkos Sendiri, Ini Deretan Bisnis Gibran

Berdasarkan LHKPN yang disampaikan ke KPK, Gibran telah melaporkan kekayaannya pada 2 September 2020. Dia tercatat memiliki tanah dan bangunan di Surakarta dan Sragen, Jawa Tengah dengan total Rp13,4 miliar.

Selain itu, dia memiliki alat transportasi dan mesin sebesar Rp682 juta. Gibran tercatat memiliki motor Honda Scoopy tahun 2015 senilai Rp7 juta, Honda CB-125 1974 Rp5 juta, motor Royal Enfield 2017 Rp40 juta.

Kemudian, Toyota Avanza 2016 Rp90 juta, Toyota Avanza Rp60 juta, Isuzu Panther tahun 2012 Rp60 juta, dan Mitsubishi Pajero Sport Rp350 juta. Gibran juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya, yakni Rp260 juta.

Kas dan setara kas Rp2,1 miliar serta harta lainnya Rp5,5 miliar. Jika dijumlah, total harta Gibran mencapai Rp22 miliar, tapi Gibran memiliki hutang Rp895 juta. Dengan begitu, total kekayaannya Rp21,1 miliar.

Baca Juga: Wah, Gibran Sebut Persis Solo Bisnis Besar, Maksudnya Apa Ya?

Namun rupanya bisnis yang dimiliki Gibran selama menjadi pengusaha bukan di bidang kuliner saja. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/4/2022) berikut sejumlah bisnis yang dimiliki Gibran saat masih jadi pengusaha, selain Markobar dan Chili Pari.

1. Mangkokku

Bisnis ini dirintis Gibran bersama Chef Arnold Poernomo, sahabatnya. Produk Mangkokku berupa Rice Bowl dengan isian menggugah selera masyarakat Ibu Kota Jakarta.

2. iColor

Toko reparasi atau perbaikan produk-produk keluaran Apple.

3. Goola

Produk kuliner minuman aneka rasa yang dirintis Gibran bersama Kevin Susanto tahun 2018.

4. Tugas Negara Bos

Gibran juga menjajal bisnis konfeksi dengan mengeluarkan produk jas hujan dengan merk Tugas Negara Bos.

5. Kerjaholic

Aplikasi yang diproyeksikan dapat menghubungkan para pencari kerja dengan penyedia lowongan pekerjaan. Dia membangun bisnis ini agar anak-anak muda bisa cepat mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Profil Fachrudin Aryanto, Bek Tangguh Asal Klaten Dikagumi Kaesang

Namun, sejak menjadi orang nomor satu di Kota Bengawan, Gibran menyerahkan semua bisnis kepada sang adik, Kaesang Pangarep. Ayah Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah ingin fokus melayani warga Solo.

Saat diwawancara wartawan di sela-sela kunjungan ke RSUD Ngipang Solo pekan lalu, Gibran mengakui pendapatan saat menjadi pengusaha jauh lebih besar dibandingkan gajinya sebagai Wali Kota Solo beberapa bulan terakhir.

Tapi, dia enggan menyebutkan berapa penghasilannya per bulan sebagai pengusaha dan sebagai Wali Kota Solo. Kendati gajinya tidak sebesar pendapatan sebagai pengusaha, Gibran menyatakan tidak masalah. Menurut dia hidup tidak semata urusan mencari uang.

“Urip kui ora selamanya golek duit [hidup itu tidak selamanya soal mencari uang]. Saya kan di sini [jadi Wali Kota Solo] ora golek duit [tidak mencari uang]. Nek golek duit ya pilih jadi pengusaha wae [kalau cari uang ya pilih menjadi pengusaha saja],” ungkap dia kepada wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya