SOLOPOS.COM - Mobil listrik untuk wisata Solo bantuan dari Tahir Foundation diuji coba di Jl Jenderal Sudirman, Solo, Jumat (15/10/2021) siang. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menyediakan cara yang mudah untuk pesan tiket bagi wisatawan maupun warga lokal yang ingin berkeliling Kota Bengawan naik mobil atau kendaraan wisata berbasis listrik.

Sebagai informasi, kendaraan listrik wisata yang beroperasi sejak awal Januari 2022 ini awalnya gratis. Namun, mulai Mei, Dishub Solo memberlakukan tarif untuk wisatawan maupun warga lokal yang ingin berwisata naik kendaraan bergaya taksi kuno itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tarifnya Rp15.000 per orang sekali jalan. Kepala UPT Transportasi Dishub Kota Solo, Agus Purnomo, mengatakan saat ini ada 10 unit kendaraan wisata berbasis listrik yang beroperasi. Kendaraan wisata itu merupakan hibah dari Tahir Foundation.

Mengenai cara pesan tiket naik mobil listrik wisata itu, kata Agus, bisa melalui pesan Whatsapp 0813 9249 3153  atau datang langsung ke Kantor Dishub Kota Solo. Hal itu dikarenakan aplikasi pemesanan tiket sedang dalam perbaikan.

“Untuk pemesanan tiket mangga, lewat Whatsapp atau datang langsung ke kantor Dinas Perhubungan, karena aplikasi pemesanan melalui aplikasi masih dalam perbaikan,” ucapnya saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Diklaim Aman, Ini Beda Kendaraan Listrik Wisata Solo Dari Sepur Kelinci

Kendaraan wisata berbasis listrik itu, lanjut Agus, awalnya hanya beroperasi pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional pada pukul 09.00 WIB, 11.00 WIB, dan 13.00 WIB. Namun, karena sudah berbayar, Dishub Solo juga melayani Senin sampai Jumat.

Tiga Rute

Agus mengatakan ada tiga rute yang bisa dipilih penumpang. Rute I yakni berangkat dari Benteng Vastenburg – Keraton Kasunanan – Baluwarti – Kampung Batik Kauman – Pura Mangkunegaran – Pasar Gede – Benteng Vastrnburg.

Rute II mulai dari Pasar Oleh-Oleh Jongke – Karak Bratan – Masjid dan Makam Ki Ageng Henis – Kampung Batik Laweyan – Museum Samanhudi – Pasar Oleh-Oleh Jongke. Rute III mulai dari Dinas Perhubungan – Pura Mangkunegaran – Monumen Pers – Taman Balekambang – Pasar Depok – Dinas Perhubungan.

Baca Juga: Laris Manis, Tiket Kendaraan Listrik Wisata Solo Ludes di Awal Pekan

Cara pesan tiket naik mobil wisata berbasis listrik di Solo itu sama untuk ketiga rute perjalanan. Demikian pula tarifnya. Agus mengatakan kendaraan wisata berbasis listrik bergaya klasik itu mulai berbayar Rp15.000 per orang sekali jalan sejak Mei 2022.

“Kami sudah mulai berbayar setelah SK kami ditandatangani oleh Mas Wali bulan Mei kemarin,” katanya. Animo masyarakat terhadap kendaraan wisata listrik itu, kata Agus. cukup tinggi. Sedangkan rute yang paling banyak diminati yakni rute I dan rute III.

“Alhamdulillah ini sudah lumayan, yang paling ramai rute I dan rute III, itu yang paling diminati untuk para konsumen,” ungkap Kepala UPT Transportasi Dinas Perhubungan Kota Solo itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya