SOLOPOS.COM - Susilo Bambang Yudhoyono (Dok/JIBI)

Kinerja KPK menjadi sorotan dari Presiden ke-6 RI, SBY.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus lebih baik dalam menjalankan tugasnya secara profesional dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Ketua Umum Partai Demokrat itu mengatakan KPK harus lebih baik dalam menjalankan tugasnya. Tidak boleh lagi ada nuansa tebang pilih dalam pemberantasan korupsi seperti yang dikhawatirkan masyarakat.

“Saya berharap KPK menjalankan tugasnya dengan baik, profesional, dan tidak ada nuansa yang dikhawatirkan masyarakat, misalnya tebang pilih,” katanya di Jakarta, Selasa (29/12/2015).

SBY menuturkan KPK adalah tulang punggung dalam upaya menciptakan negara yang lebih bersih dengan sistem yang lebih baik. Dia pun berharap KPK menjadi lembaga yang lebih kuat dalam upaya pemberantasan korupsi.

Menurut SBY, KPK juga harus menjalankan sinergi yang baik dengan Polri dan Kejaksaan Agung dalam menjalankan tugasnya. Publik dan pemerintah juga harus mendukung lembaga tersebut agar dapat bekerja lebih optimal.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengatakan pemberantasan korupsi memerlukan KPK, Kepolisian, dan Kejaksaan yang kuat. Pasalnya, saat ini tindak pidana korupsi yang terjadi semakin rumit dibandingkan dengan sebelumnya.

“Saya berharap KPK meningkatkan sinergi antar-lembaga penegak hukum. Seperti yang saya tekankan bahwa untuk pemberantasan korupsi, kami membutuhkan KPK, Kepolisian, dan Kejaksaan yang kuat,” kata Jokowi.

Presiden menuturkan egosektoral yang ada selama ini justru menjadi penghambat dalam upaya pemberantasan korupsi. Padahal, KPK, Kepolisian, dan Kejaksaan memiliki tujuan yang sama, yakni memberantas korupsi dengan caralebih efektif.

Menurutnya, upaya pemberantasan korupsi tidak boleh berhenti, sehingga pemerintah akan terus memberikan dukungan kepada KPK dalam menjalankan tugasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya