SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS

ILUSTRASI (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Kalangan DPRD Kota Solo menyoroti kinerja pegawai di Puskesmas rawat inap yang dinilai tidak optimal dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Salah satu yang dipermasalahkan adalah seringkali di puskesmas tersebut tidak ada dokter jaga yang bisa melayani warga sakit yang hendak berobat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota Komisi IV DPRD Kota Solo, Nindita Wisnu Broto mengungkapkan pihaknya menerima keluhan dari masyarakat terkait pelayanan di Puskesmas rawat inap tersebut. Seringnya, saat warga datang untuk berobat di salah satu Puskemas rawat inap justru tidak terlayani dengan alasan tidak ada dokternya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ada warga yang hendak berobat datang ke Puskesmas rawat inap sekitar pukul 15.00 WIB. Tapi ternyata di sana diberi informasi bahwa tidak ada dokternya, sehingga warga itu terpaksa pulang meskipun dalam kondisi sakit,” ungkap Nindita kepada wartawan di Gedung Dewan, Jumat (13/4/2012). Nindita mengatakan Puskesmas rawat inap beroperasi selama 24 jam, sehingga seharusnya setiap saat harus ada dokter yang bertugas di sana.

Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP), Marhaeni mengaku pihaknya pernah menemukan kasus yang sama.

“Saya pernah mengantar salah satu warga yang sakit berobat ke salah satu Puskemas rawat inap. Tapi pasien itu diminta datang lain hari dengan alasan saat itu tidak ada dokternya. Kalau kondisinya seperti itu apa bedanya dengan Puskemas biasa?” tanyanya.

Menyikapi permasalahan itu, Nindita mempertanyakan standar operasional prosedur (SOP) Puskemas rawat inap dalam melayani masyarakat. Sebab menurut Nindita, pelayanan Puskesmas rawat inap semestinya berbeda dengan Puskesmas biasa.

Dimintai tanggapan seputar hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih menyatakan akan menindaklanjuti dengan mengkroscek ke Puskesmas yang bersangkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya