SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah) memberikan paket Fituno (suplemen makanan), Vitamin C, Vitamin D, dan Fituno sirup untuk anak kepada dr. Faradilla Mirsanti, Kepala UPT Puskesmas Purwodiningratan (paling kanan) disaksikan oleh Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek (KFA) Nurtjahjo Walujo Wibowo di Balai Kota Solo, Rabu (1/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — BUMN Farmasi terbesar di Indonesia, PT Kimia Farma Tbk, menyerahkan 9.400 paket suplemen makanan Fituno, vitamin C, dan vitamin D3 untuk tenaga kesehatan (nakes) dan 6.000 paket Fituno sirup untuk anak-anak nakes, di Balai Kota Solo, Rabu (1/9/2021).

Bantuan diserahkan oleh Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek (KFA), Nurtjahjo Walujo Wibowo, kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Bantuan itu merupakan bagian Gerakan Sosial Kita Bersama Nakes yang dijalankan sejak awal Juli.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nurtjahjo mengatakan sasaran penerima bantuan adalah daerah-daerah yang memiliki catatan kasus cukup tinggi. “Sejumlah daerah di Jawa Timur, seperti Malang dan Surabaya. Kemudian di Jawa Tengah ada Semarang dan Solo. Kalau Jawa Barat ada Cirebon dan Indramayu. Harapan kami, bantuan ini bisa membantu nakes sebagai garda terdepan melawan Covid-19. Suplemen dan vitamin yang kami perbantukan bisa menjaga daya tahan tubuh mereka,” ucap Nurtjahjo, ditemui usai penyerahan bantuan.

Baca juga: Kimia Farma Bagikan Paket Imunitas ke 8.800 Nakes Semarang

Selain Solo, Kimia Farma Apotek bersama dengan PT Kimia Farma Diagnostika secara serentak menyerahkan 8.800 paket serupa untuk para nakes. Juga 6.000 paket Fituno sirup untuk anak nakes di Semarang Raya. Inisiatif keduanya merupakan respons cepat atas peningkatan jumlah kasus Covid-19.

Berdasarkan data Komite Pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 terjadi mulai 20 Juni 2021 yang salah satunya disebabkan oleh virus Covid-19 varian Delta.

Jumlah konfirmasi positif terus melonjak hingga mencapai titik tertinggi sebanyak 54.000 orang pada 16 Juli 2021. Kemudian jumlah kasus terkonfirmasi terus menurun hingga 22 Agustus. Perlindungan terhadap para nakes dan anak-anak mereka merupakan bagian dari tanggung jawab sosial (CSR) Kimia Farma untuk masyarakat.

Baca juga: Gibran: Warga Boleh Jajan di Mal Solo & Gelar Resepsi Nikah

Apresiasi Untuk Kimia Farma

Perwakilan Tim Satgas Covid-19, M. Nasser, menjelaskan, pihaknya mengapresiasi kontribusi PT Kimia Farma Tbk. dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

“Para nakes ini sudah berjuang membantu pemerintah dalam menanggulangi Pandemi. Para nakes juga rawan terpapar Covid-19 sehingga imunitas dan daya tahan tubuhnya perlu terus dijaga. Bantuan dalam bentuk suplemen makanan dan vitamin sangat membantu menjaga kesehatan para nakes. Demikian juga terhadap anak-anak nakes yang rentan terpapar. Sehingga bantuan Kimia Farma terhadap anak nakes ini memberikan manfaat besar,” kata dua.

Baca juga: Kabar Baik, Zona Merah Covid-19 Terus Menurun

Paket bantuan langsung diberikan kepada para nakes dan anak-anak nakes melalui 17 puskesmas, RSUD Bung Karno, dan RSUD Ngipang di Solo. Secara simbolis, Direktur Operasional PT Kimia Farma Apotek Abdul Azis menyerahkan paket vitamin dan suplemen makanan kepada tiga orang tenaga kesehatan yang mewakili seluruh nakes dan anak nakes di Solo.

Paket Fituno dan vitamin tersebut diberikan kepada para nakes. Seperti petugas pemulasaraan jenazah, sopir ambulans, petugas kebersihan di rumah sakit, klinik, puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya. Serta para perawat, petugas radiologi, petugas swab/rapid test antigen, termasuk petugas call center di Puskesmas.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami, dukungan seperti ini membuat kami semakin semangat, tidak hanya secara material tapi psikologis dalam menghadapi tugas sehari-hari,” ucap salah seorang nakes, Kepala UPT Puskesmas Purwodiningratan, Faradila Mirsanti.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya