SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bendera Muhammadiyah (umpalopo.ac.id)

Solopos.com, SEMARANG — Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Tengah, KH Tafsir dinilai masih sangat layak untuk melanjutkan kepemimpinan pada periode 2023-2028.

Hal itu disampaikan Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PW Muhammadiyah Jateng AM. Jumai, Minggu (22/1/2023) menjelang pelaksanaan Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Jateng.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mengapresiasi kinerja Panitia Pemilihan Muswil Muhammadiyah Jateng yang telah bekerja dengan sangat cekatan, taktis, dan strategis menjalankan tahapan-tahapan yang ditentukan.

Saat ini sudah tersaring 58 orang yang siap maju sebagai PW Muhammadiyah periode 2023-2028. Dari sebanyak 72 nama yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai bakal calon formatur.

“Saya yakin dari 58 orang ada kader atau tokoh yang tepat dan sangat tepat memimpin Muhammadiyah, dan figur Pak Tafsir yang saat ini memimpin Muhammadiyah Jateng sebagai ketua masih sangat layak untuk memimpin kembali,” kata Jumai.

Menurut dia, Muhammadiyah tidak hanya melahirkan kader-kader dari rahim amal usaha persyarikatan, tetapi juga dapat menghasilkan finansial dari usaha-usaha yang dikelola oleh Muhammadiyah.

Dari pertumbuhan unit usaha yang sangat pesat ini, kata dia, Muhammadiyah Jateng memerlukan sosok pemimpin yang amanah, memiliki integritas dan berjiwa produktif dan progresif.

“Secara umum ngurus organisasi sosial itu perlu tiga unsur, ‘kober’, bener, pinter, dan karena ini organisasi dakwah maka perlu sifat profetik atau sifat kenabian ada pada pimpinan Muhammadiyah,” katanya.

Ia mengharapkan kader sebagai pelopor, pelangsung, dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah mampu menjadi garda terdepan dalam menggerakkan dan mengembangkan Muhammadiyah.

“Jangan membatasi pimpinan amal usaha yang juga akan menjadi pimpinan persyarikatan pada Musywil Muhammadiyah Jateng. Unsur akademisi, ekonom, pengusaha, ulama, cendekiawan, dan birokrat diberikan kesempatan untuk turut berkiprah di Muhammadiyah,” katanya.

Dari 58 calon akan disaring pada pramuswil menjadi 39 orang, kemudian pada muswil di Kota Tegal, 3-5 Maret 2023, akan diambil 13 orang formatur PW Muhammadiyah Jateng yang selanjutnya akan bermusyawarah untuk menentukan ketua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya