SOLOPOS.COM - Pasukan Rusia telah menghancurkan bangunan, infrastruktur, dan aset fisik lainnya senilai US$100 miliar di Ukraina sejak penyerbuan militer Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022 hingga kini. (aa.com.tr)

Solopos.com, JAKARTA—Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk menyampaikan bahwa pihaknya akan segera memulai evakuasi warga yang berencana untuk meninggalkan Kota Kherson dan sekitarnya. Vereshchuk menyampaikan, upaya evakuasi ini dilakukan setelah dirinya mendengar keinginan sejumlah warga untuk dapat segera pindah dari Kherson dan daerah sekitar Mykolaiv.

Demikian dilansir Al Jazeera, Minggu (20/11/2022).    Dia menerangkan pemerintah Ukraina hingga saat ini masih melakukan persiapan pengevakuasian yang ditargetkan akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Vereshchuck, permintaan evakuasi mayoritas berasal dari orang tua ataupun warga yang terkena dampak penembakan Rusia. Adapun, pemerintah Ukraina dikabarkan telah memiliki beberapa opsi evakuasi, seperti memilih Kota Mykolaiv sebagai titik transir sebelum mereka mengirimkan para warga ke tempat yang lebih aman di wilayah barat Ukraina.

Baca Juga Presiden Jokowi Tiba di Stadion Manahan, Disambut Warga Muhammadiyah

“Ini hanya evakuasi sukarela, negara akan memikul tanggung jawab terkait transportasi. Orang-orang harus dibawa ke tempat di mana mereka akan menghabiskan musim dingin,” jelasnya.

Rencana tentang evakuasi pertama kali muncul ketika rudal Rusia menyerang sebuah depot minyak di wilayah Kherson pada Sabtu (19/11/2022). Pejabat Ukraina menyebut, ini merupakan kali pertama sebuah fasilitas penyimpanan bahan bakar di Kherson dihantam peluru kembali, sejak Rusia menarik diri lebih dari sepekan yang lalu.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Panik Kena Rudal Rusia, Ukraina Segera Evakuasi Warga Kherson

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya