Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Kewajiban Kepesertaan JKN-KIS dalam Pelayanan Publik Memberatkan

Kewajiban menjadi peserta JKN-KIS dalam pelayanan publik diatur dalam berbagai regulasi. Wakil rakyat menilai itu memberatkan masyarakat. Kewajiban kepesertaan JKN-KIS dan pelayanan publik dua entitas berbeda.
SHARE
Kewajiban Kepesertaan JKN-KIS dalam Pelayanan Publik Memberatkan
SOLOPOS.COM - Layanan JKN Mobile untuk meningkatkan pelayanan BPJS Kesehatan. (Antaranews.com)

Solopos.com, SOLO — Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ali Ghufron Mukti memberikan penjelasan sehubungan terbitnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022. Ia mengatakan sebenarnya banyak regulasi yang mewajibkan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIN).

Ghufron mengatakan Inpres Nomor 1 Tahun 2022 mengamanatkan kepada 30 kementerian/lembaga termasuk gubernur, bupati, wali kota mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk mengoptimalisasi pelaksanaan program JKN-KIS.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Langkah yang kemudian mengemuka adalah mewajibkan seluruh warga negara Indonesia menjadi peserta JKN-KIS agar bisa mendapatkan pelayanan di semua sektor pelayanan publik, seperti urusan pertanahan, pembuatan surat izin mengemudi (SIM), dan urusan publik lainnya.

Beberapa wakil rakyat di DPR dan DPRD menyebut kewajiban kepesertaan BPJS Kesehatan sebagai syarat mendapatkan pelayanan publik memberatkan rakyat. Kewajiban itu tidak relevan karena kepesertaan JKN-KIS dan mendapatkan pelayanan publik dua entitas yang berbeda. Selengkapnya bisa dibaca di Bos BPJS Kesehatan: Banyak Regulasi Mewajibkan Jadi Peserta JKN-KIS.

Berinvestasi aset kripto kemungkinan akan menjadi semakin mainstream atau umum di masyarakat Indonesia hinggga lebih dari lima tahun ke depan. Investasi aset kripto tersebut termasuk non-fungible token atau NFT.

Chief Executive Officer (CEO) Indodax Oscar Darmawan melalui keterangan di Jakarta, Sabtu (19/2/2022), mengatakan pada masa pandemi Covid-19 hingga saat ini tren berinvestasi aset kripto semakin berkembang. Penetrasi investasi aset kripto mayoritas oleh orang-orang dengan rentang usia 21 tahun hingga 35 tahun.

Investor aset kripto akan makin berkembang di kalangan penduduk kota-kota lebih kecil dengan jumlah populasi yang lebih sedikit dari penduduk di kota besar. Proses kea rah tersebut masih terus berjalan, utamanya dengan dukungan edukasi. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Investasi Kripto akan Makin Umum Lima Tahun ke Depan.

Peristiwa pengadangan konvoi tentara Belanda oleh TNI pada 12 Mei 1949 di Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah menelan banyak korban jiwa di pihak Belanda. Ini adalah salah satu fragmen perang asimestris yang menjadi bagian fokus penelitian tiga lembaga di Belanda.

Tiga lembaga itu adalah Koninklijk Instituut voor Taal Land en Volkenkunde (KITLV) atau Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies, Institut Sejarah Militer Belanda (NIMH), dan Institut Studi Perang Holocaust dan Genosida (NIOD).

Hasil penelitian yang ikhtisarnya dipublikasikan pada Kamis (17/2/2022) mendorong Perdana Menteri Belanda Mark Rutte meminta maaf kepada Indonesia atas penggunaan kekerasan oleh militer Belanda selama masa Perang Kemerdekaan pada 1945-1949. Permintaan maaf itu disampaikan Rutte pada konferensi pers di Brussel, Belgia. Kisah lengkap bisa dibaca di Peristiwa Krisak 12 Mei 1949, Fragmen Perang Asimetris Era Dekolonisasi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat edaran yang mengatur penggunaan toa di masjid dan musala. Peraturan baru itu diterbitkan setelah terjadi kontroversi atas kumandang azan dari pengeras suara atau toa masjid di Jakarta yang dianggap mengganggu kenyamanan sebagian masyarakat.

Suara toa masjid di Indonesia belum lama ini menjadi sorotan media asing Agence France-Presse (AFP). Pada artikel bertajuk Piety or noise nuisance? Indonesia tackles call to prayer volume backlash, AFP mengisahkan gangguan kecemasan yang dialami seorang muslimat karena terlalu keras mendengar suara azan dari toa masjid dekat rumahnya. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Menanti Tuah SE Kemenag Soal Aturan Baru Penggunaan Toa Masjid.

Makin maraknya hotel kapsul tidak berpengaruh kepada minat terhadap hotel berbintang. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat TPK hotel berbintang di Indonesia pada Desember 2021 justru mencatatkan rekor 51,57%.

Kemunculan sejumlah hotel mungil dengan tarif murah di Solo menjadi angin segar bagi para pengunjung yang ingin berlibur di Kota Bengawan dengan bujet pas-pasan. Sebab mereka tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu banyak untuk dapat bermalam.

Cukup banyak wisatawan yang datang ke Kota Solo dan memilih menginap di hotel mini tersebut, khususnya dari kalangan milenial. Seperti Hotel Kapsul Bobo Box yang terletak di Jl Slamet Riyadi No 96, Solo. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Hotel Kapsul Makin Marak, Hotel Berbintang Tetap Tinggi Peminat.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

 

 

 

 

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode