SOLOPOS.COM - Ilustrasi sahur (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Memasuki bulan Muharram, umat Islam disunahkan untuk melakukan puasa Asyura pada 10 Muharram, yang salah satu keutamaannya bisa menjadi pelebur dosa.

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Bahkan, Muharram dijuluki sebagai syahrullah alias bulan Allah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Muharram dikatakan mulia karena terdapat amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan umat muslim, yakni berpuasa.

Puasa Muharram ada tiga jenisnya, mulai dari puasa Asyura pada 10 Muharram, puasa Tasu’a pada 9 dan 11 Muharram sebagai pelengkap puasa Asyura, dan puasa 9 dan 10 Muharram saja.

Baca Juga: Niat Puasa Muharram, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Dalam menjalani puasa Asyura 10 Muharram sendiri, terdapat beberapa keutamaan yang bisa diperoleh umat muslim. Kira-kira apa saja? Berikut ini lima di antaranya, sebagaimana dilansir situs resmi Nahdlatul Ulama atau NU online.

Keutamaan Puasa Asyura

  1. Puasa di Muharram merupakan puasa yang paling utama. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadis berikut ini.

“Puasa Muharram menjadi puasa yang paling utama karena Muharram merupakan awal tahun baru, maka pembukaannya adalah dengan puasa yang merupakan amal paling utama,” Jalaluddin as-Suyuthi dalam ad-Diibaaj ‘ala Muslim.

  1. Puasa Muharram termasuk dalam keutamaan berpuasa dalam bulan-bulan mulia atau asyuhurul hurum.

“Diriwayatkan dari al-Bahili: Aku mendatangi Rasulullah saw, lalu berkata: Wahai Rasulullah, Aku adalah lelaki yang pernah mendatangimu pada tahun pertama? Rasulullah saw bersabda: Dulu aku tidak melihat tubuhmu lemah? Al-Bahili menjawab: Wahai Rasulullah, Aku tidak mengonsumsi makanan di siang hari, aku tidak memakannya kecuali di waktu malam. Rasulullah saw bersabda: ‘Siapa yang menyuruhmu menyiksa dirimu? Aku menjawab: Wahai Rasulullah, sungguh Aku mampu berpuasa (terus-menerus). Rasulullah saw bersabda: Puasalah bulan Sabar (Ramadhan) dan tiga hari setelahnya, dan puasalah pada bulan-bulan mulia.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan selainnya).

Baca Juga: Kapan Puasa Muharram? Ini Jadwalnya

  1. Puasa sehari dalam bulan Muharrram pahalanya sama dengan puasa 30 hari atau satu bulan penuh.
  2. Khusus bagi umat muslim yang menjalani puasa hari Asyura pada tanggal 10 Muharram, maka akan mendapatkan keutamaan pelebur dosa setahun yang telah lewat.
  3. Bagi umat muslim yang melaksanakan puasa Tasu’apada 9 Muharram dan puasa 11 Muharram yang dijadikan pelengkap puasa Asyura pada 10 Muharram, menjadi pembeda umat Islam dengan umat Yahudi yang sama-sama berpuasa di hari Asyura.

Baca Juga: Arti Huruf Belakang di Pelat Nomor Jogja AB Berdasarkan Wilayahnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya