SOLOPOS.COM - Ilustrasi sistem keuangan (freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Setiap orang yang terlibat dalam perusahaan wajib mengenal yang namanya manajemen keuangan. Dalam pengelolaannya, terkadang terjadi human error objek sehingga perlu suatu aplikasi pengatur keuangan yang meminimalisasi kesalahan.

Dalam artikel seperti dikutip Solopos.com, Senin (25/10/2021), keuangan adalah salah satu fondasi dalam sebuah perusahaan. Keuangan ini juga memiliki sifat yang sangat riskan. Apabila tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi sebuah masalah dan tentunya akan menghentikan jalannya sebuah perusahaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Fungsi-fungsi manajer keuangan dalam setiap bisnis tidak selalu merupakan cara yang sama. Tetapi prinsip utama manajer keuangan tentu saja sama, yaitu perencanaan, mencari dan memanfaatkan berbagai cara untuk meningkatkan penggunaan operasi karyawannya secara maksimal.

Sedangkan untuk manajemen keuangan syariah merupakan sebuah kegiatan manajer keuangan guna mencapai tujuan dengan meneliti kesesuaiannya pada prinsip-prinsip syariah dalam agama Islam.

Ada sejumlah tujuan terkait adanya manajemen keuangan :

Menjaga Arus Kas

Di sebuah perusahaan, masuknya uang tunai harus dipantau secara terus-menerus sehingga tidak ada pengeluaran yang akan terjadi. Uang tunai biasanya dikeluarkan untuk membeli bahan baku, membayar karyawan, dan biaya lainnya.

Maksimalkan keuangan perusahaan

Tugas manajemen keuangan bukan hanya mengawasi keuangan, tetapi juga melihat kegiatan tak menguntungkan yang dapat dihilangkan dan diganti dengan kegiatan lebih bermanfaat.

Menyiapkan struktur modal

Manajer keuangan dalam merencanakan struktur modal harus dapat menyeimbangkan anggaran yang dimiliki oleh dana yang dipinjam oleh perusahaan.

Memaksimalkan keuntungan

Perencanaan keuangan yang tepat akan dapat memaksimalkan manfaat yang bisa untuk jangka panjang.

Meningkatkan efisiensi

Dengan merancang penganggaran dana yang tepat pada semua aspek, efisiensi dana perusahaan akan terus berkembang hingga meningkat.

Mengoptimalkan kekayaan perusahaan

Manajer keuangan juga harus dapat membaca pasar saham. Dengan menyediakan divisi laba sebanyak mungkin kepada pemegang saham, akan meningkatkan perusahaan dan memberikan kepercayaan pemegang saham untuk terus berinvestasi di perusahaan.

Mengurangi risiko operasional

Keputusan yang tepat yang dilakukan oleh manajer keuangan akan mempengaruhi risiko bisnis yang tidak pasti kapan saja.

Memastikan kelangsungan hidup kehidupan perusahaan

Manajer keuangan memainkan peran penting dalam sebuah perusahaan. Keputusan yang tepat akan dapat membuat perusahaan bertahan dalam persaingan bisnis, tetapi sebaliknya keputusan yang tidak hati-hati akan menyebabkan perusahaan yang bangkrut.

Kurangi biaya modal

Manajer keuangan juga harus merancang penganggaran modal yang tepat, sehingga penggunaan modal dapat diminimalkan sedemikian rupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya