SOLOPOS.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah, K.H. Cholil Nafis (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah, K.H. Cholil Nafis menyayangkan pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang membandingkan suara toa masjid dengan gonggongan anjing.

Melalui cuitannya di Twitter, Cholil menyesalkan pernyataan tersebut dilontarkan dari pejabat publik dan dilakukan di ruang publik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, perbandingan itu tidak pantas lantaran azan adalah sesuatu yang suci sedangkan anjing adalah hewan yang air liurnya najis.

“Ya Allah… ya Allah… ya Allah. Kadang malas berkomentar soal membandingkan sesuatu yang suci dan baik dengan suara hewan najis mughallazhah. Karena itu bukan soal kinerja tapi soal kepantasan di ruang publik oleh pejabat publik. Mudah-mudahan Allah mengampuni dan melindungi kita semua,” tulisnya seperti dikutip Solopos.com, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga: Polemik Azan, Kader NU Desak Presiden Copot Menteri Agama

Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama menyatakan pernyataan Menag Yaqut bisa memicu kegaduhan baru di tengah masyarakat. “Aneh, menteri kok hobinya buat gaduh,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Bisnis, Kamis (24/2/2022).

Sebelumnya diberitakan, pernyataan Gus Yaqut yang membandingkan suara toa masjid dengan gongongan anjing itu disampaikan saat berkunjung ke Pekanbaru, Rabu (23/2/2022).

Yaqut menjelaskan aturan tentang toa masjid dan musala untuk menjaga harmonisasi antarumat beragama.

Baca Juga: Menag Bantah Bandingkan Azan dengan Suara Anjing, Hanya Memberi Contoh

“Kita bayangkan, di lingkungan muslim, kemudian rumah ibadah mereka membunyikan toa sehari lima kali dengan keras secara bersamaan, itu rasanya bagaimana. Contohnya lagi, misalkan tetangga kita kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya menggonggong di waktu yang bersamaan, kita terganggu tidak? Artinya semua suara-suara harus kita atur agar tidak menjadi gangguan,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya