SOLOPOS.COM - Ketua DPD Irman Gusman dan Wapemred Solopos Suwarmin (Rini Yustiningsih/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KENDARI — Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman, kembali menggaungkan wacana pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke wilayah di luar Pulau Jawa. Menurutnya, pemindahan tersebut merupakan ide Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno atau Bung Karno.

Irman kembali membicarakan ide tersebut dalam kunjungannya ke rumah Gubernur Sulawesi Tenggara H Nur Saleh pada Jum’at (7/3/2014) lalu. “Sebenarnya ide ini dari Bung Karno untuk menjaga NKRI, mencegah KKN, maka rencana beliau ya memindahkan ibu kota ke Palangkaraya. Saya rasa sekarang ini sudah saatnya dipersiapkan kembali,” jelasnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meskipun Irman mempunyai rencana untuk memindahkan ibu kota, dia tak menyangkal usaha tersebut tidak dapat dilakukan dalam waktu sekejap dan membutuhkan persiapan sekitar 25 tahun. Selain untuk mencegah KKN, menurut Irman pemindahan ibu kota juga untuk meratakan pertumbuhan ekonomi dan memajukan perkembangan infrastruktur daerah-daerah yang masih tertinggal di Indonesia timur.

Ekspedisi Mudik 2024

“Rakyat juga akan melihat pemimpinnya memiliki perhatian kepada daerah apabila wacana pemindahan ibu kota itu dilakukan,” tambahnya.

Calon presiden dari Partai Demokrat ini juga beranggapan pembangunan di wilayah Indonesia bagian timur masih belum maksimal lantaran tidak meratanya pembangunan di Indonesia yang selama ini hanya terfokus di Pulau Jawa. Padahal, dengan membangun Indonesia secara merata, laju pertumbuhan ekonomi negara akan meningkat. Oleh sebab itu, Irman berpendapat membangun Indonesia timur merupakan upaya untuk membangun masa depan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya