Ketua Baznas Harap Mahasiswa Penerima Beasiswa Bisa Entaskan Kemiskinan
Solopos.com|jateng

Ketua Baznas Harap Mahasiswa Penerima Beasiswa Bisa Entaskan Kemiskinan

Solopos.com, SALATIGA -- Ketua Badan Amil Zakat Nasional Jawa Tengah, Dr. KH. Ahmad Daroji, M.Si berharap mahasiswa penerima manfaat beasiswa Baznas 2021 bisa mengentaskan kemiskinan di kemudian hari.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Pembekalan dan Pentasharufan Beasiswa Baznas Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Gedung KH. Hasyim Asy'ari Kampus III IAIN Salatiga, Selasa (20/4/2021).

"Selamat untuk para mahasiswa yang menerima beasiswa ini. Saya harap dengan adanya beasiswa Baznas ini, para mahasiswa penerima manfaat dapat belajar dengan baik. Tanpa harus merasa khawatir terhadap masalah biaya. Saya ingin teman-teman fokus menuntut ilmu, meraih cita-cita dan menjadi orang sukses. Kelak jika sudah sukses harus bisa mengentaskan kemiskinan di lingkungan sekitar," ujarnya.

Menurutnya, semangat untuk mengentaskan kemiskinan itu adalah salah satu spirit Baznas yang harus terus dijaga, "Kami di Baznas berusaha untuk menjadikan para mustahiq zakat bisa berubah menjadi muzaki dan terlepas dari kemiskinan. Beberapa cara yang kami tempuh antara lain dengan member beasiswa. Selain itu kami juga memberi pelatihan, modal, dan bimbingan kepada masyarakat yang membutuhkan."

Baca juga: Satgas Covid-19 Beri Izin, IAIN Salatiga Gelar Wisuda

Dr. Ahmad Daroji menilai dengan tersebarnya semangat untuk menyejahterakan umat tersebut angka kemiskinan di Indonesia akan semakin berkurang, "Dengan semangat menyejahterakan umat itu saya harap mahasiswa penerima dapat menjadi cendekiawan dan pengusaha yang mengentaskan kemiskinan dan bisa member manfaat bagi sekitar."

Dirinya menilai IAIN Salatiga yang telah siap beralih status menjadi universitas memiliki banyak potensi besar, "IAIN Salatiga baik secara fisik maupun jumlah mahasiswa dan dosen telah siap menjadi universitas. Sudah bisa dirasakan potensi yang dimiliki IAIN Salatiga. Dengan banyaknya mahasiswa berprestasi yang dimiliki, IAIN Salatiga akan membantu membawa Indonesia ke masa depan yang lebihbaik."

Zakat ASN Jateng

Sekretaris Baznas Jateng, Dr. A. Yani menambahkan bahwa mahasiswa adalah harapan umat dan bangsa. Maka dari itu upaya untuk membantu mahasiswa adalah salah satu investasi yang memiliki banyak manfaat, "Dengan membantu mahasiswa yang membutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan, kita dapat menyelamatkan masa depan. Sesuai dengan program Baznas untuk menjadikan mustahik lebih produktif.

Baca juga: Baznas Jateng Dijadikan Percontohan Nasional

Dr. A. Yani berpesan kepada para mahasiswa penerima beasiswa untuk meningkatkan prestasi dan semangat belajar. "Mahasiswa berprestasi ini kelak akan mampu jadi pendamping program mustahik produktif dan berkontribusi bagi masyarakat. Maka dari itu prestasinya harus selalu dijaga," katanya.

"Kali ini kami juga menggandeng Bank Jateng Syariah agar semua aktivitas keluar masuk dana bisa terpantau dan dana yang disalurkan bisa dikelola secara transparan dan akuntabel," pungkasnya.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr.SidqonMaesur, Lc., M.A. menyampaikan rasa terima kasih kepada Baznas Jateng yang telah membantu penyaluran beasiswa untuk mahasiswa, "Terima kasih kami ucapkan kepada Baznas Jateng. Beasiswa ini adalah bukti atensi yang diberikan kepada mahasiswa IAIN Salatiga."

Dr. Sidqon berharap beasiswa yang disalurkan dapat bermanfaat untuk mahasiswa guna menunjang kegiatan perkuliahan. Sedangkan Kepala Bagian Akademik IAIN Salatiga, Drs.Jumadi menjelaskan bahwa dana sebesar Rp 130.000.000 yang disalurkan untuk mahasiswa bersumber dari zakat ASN se-Jawa Tengah. "Saya harap 35 mahasiswa yang menerima beasiswa ini berhasil menjadi orang sukses, sehingga bisa menerapkan prinsip hari ini menerima dan esok hari memberi," ujarnya.

 

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago