SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA-Kelompok Ketoprak Ringkes Tjap Tjonthong akan mementaskan kehidupan Ki Ageng Suryo Mentaram yang tidak lain adalah putra dari Sultan Hamengkubuwono VII dalam sebuah pertunjukkan ketoprak bertajuk Ki Ageng Suryo Mentaram di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Sabtu dan Minggu, (29-30/12/2012) malam.

Pementasan berdurasi sekitar 150 menit ini menceritakan sisi lain kehidupan Ki Ageng Suryo Mentaram yang selama ini tidak diketahui oleh masyarakat luas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu anggota Ketoprak Ringkes Tjap Tjonthong, Edo Nur Cahyo, menuturkan bahwa pertunjukkan tersebut berhasil disuguhkan setelah pihaknya melalui beberapa riset mendalam. Yakni dengan melakukan wawancara terhadap akademisi sejarah, kerabat Keraton dan menggali data melalui beberapa buku sejarah mengenai Ki Ageng Suryo Mentaram.

Sebagaimana data yang didapatkan di lapangan, dalam pertunjukkan nanti kelompok Ringkes Tjap Tjonthong menyuguhkan sisi lain Ki Ageng Suryo Mentaram. “Beliau [Ki Ageng Suryo Mentaram] adalah sosok yang paling aneh di antara putra Sultan Hamengkubuwono VII lainnya,” ungkapnya, Jumat (28/12/2012).

Edo melanjutkan, keanehan yang dimiliki Ki Ageng Suryo Mentaram adalah ia gemar membagi bagikan harta keraton kepada rakyat jelata. Selain itu, imbuh dia, Ki Ageng Suryo Mentaram juga kerap melakoni pekerjaan yang seharusnya tidak dilakukan oleh anak seorang Raja seperti berjualan di pasar dan sebagainya.

“Dan yang lebih penting dia [Ki Ageng Suryo Mentaram] itu salah satu pelopor terbentuknya Pembela Tanah Air [Peta] di jaman perjuangan. Ia juga terkenal dengan ilmu makrifat jawanya,” bebernya.

Adapun dalam pertunjukkan yang disutradarai oleh Susilo ‘Den Baguse Ngarso dan Marwoto Kawer ini bakal dikemas dengan menggunakan konsep ketoprak dipadukan unsur teater modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya