SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati suasana di Ketjeh Resto di Wangen, Polanharjo, Klaten, Sabtu (19/12/2020). Ketjeh Resto itu menawarkan menikmati kuliner ikan tawar, ayam, bebek, dan lainnya di atas air. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Ketjeh Resto yang beralamat di Desa Wangen, Kecamatan Polanharjo, Klaten yang viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir. Tempat ini memadukan wisata kuliner dan air yang membuatnya ngehits.

Sesuai namanya, Ketjeh Resto yang baru soft opening, Minggu (6/12/2020) mencoba memadukan konsep wisata air dan kuliner dalam satu lokasi. Selain menyantap makanan dengan meja makanan seperti di restoran pada umumnya, pengunjung juga bisa sekaligus keceh alias bermain air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengunjung tidak perlu khawatir aliran air yang berasal dari mata air bagian hulu Desa Wangen itu bakal meluap. Debit air selalu dikontrol agar tingginya di kisaran 5 cm. Saat hujan turun pun, debit air tetap dikontrol dengan ketinggian 10-15 cm. Kondisi air di sana diyakini berkualitas baik karena berasal dari mata air, sehingga tak akan membikin gatal-gatal di kulit.

Solo, Wonogiri, Sragen Zona Merah Covid-19, Ojo Keluyuran!

Ketjeh Resto dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Wangen yang bekerja sama dengan pihak ketiga. Gagasan membangun restoran berkonsep wisata air ini bermula untuk memanfaatkan lahan kas desa yang dinilai tak produktif.

Saking banyaknya air, lahan tersebut hanya bisa ditanami kangkung dan cenil. Guna memberikan nilai plus, lokasi tersebut dirombak menjadi Ketjeh Resto. Meski demikian, pengelola masih menyisakan sedikit lahan agar masih ada tempat untuk menanam kangkung atau pun cenil.

"Ketjeh Resto ini bagian dari upaya memanfaatkan aliran mata air juga. Di Jateng, konsep seperti ini baru di Ketjeh Resto. Antusias pengunjung lumayan banyak, baik dari Jateng atau pun di luar Jateng. Lantaran masih pandemi, kami masih membatasi dengan sistem open-close. Jika tempat duduk penuh, kami tutup sementara. Dalam sehari, kami bisa melayani 4 x 360 orang," kata Pengelola Ketjeh Resto Wangen, Arif Widiyono, saat ditemui wartawan di resto setempat, Sabtu (19/12/2020).

2 Anak Polisi Asal Miri Sragen Meninggal Tersetrum Seusai Main Bola

Fasilitas Pelengkap

Arif Widiyono mengatakan kompleks Ketjeh Resto juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya yang tak kalah menarik. Hal itu seperti area berkuda dan memanah. Ke depan juga dilengkapi mini water boom, ATV, perahu kuno, dan lainnya.

Hal senada dijelaskan pengelola Ketjeh Resto Wangen lainnya, Afdol Ajib. Restoran ini luasnya mencapai 500 meter persegi. Adapun total lahan kas desa yang disiapkan mendukung kompleks wisata tersebut mencapai 10 hektare.

"Awalnya di sini dikembangkan wisata sunnah, seperti memanah dan berkuda. Dalam perkembangannya, dibangun Ketjeh Resto ini," katanya.

Pendatang/Pemudik Masuk Solo Wajib Rapid Test Antigen Covid-19

Afdol Ajib mengatakan di kompleks Ketjeh Resto disediakan 17 ekor kuda. Di samping itu disediakan area memanah jarak pendek, jarak panjang, endurance, dan archery battle. Hingga pekan ini, Ketjeh Resto dibuka pukul 10.00 WIB-16.30 WIB. Namun mulai pekan depan dibuka sejak pukul 08.30 WIB.

"Jadi, setiap pengunjung yang datang ke sini membayar parkir kendaraan. Begitu masuk, tinggal pilih mau berkuda, memanah, atau makan. Tarif berkuda Rp15.000 untuk dua kali putaran. Di luar itu, jika sudah mahir ada paket Rp50.000-Rp200.000. Sedangkan tarif memanah senilai Rp15.000 untuk enam anak panah atau Rp50.000 selama satu jam," katanya.

Taggapan Pengunjung

Salah satu pengunjug Ketjeh Resto Wangen, Mutiatul Khasanah, 30, mengaku mengetahui Ketjeh Resto dari media sosial. Warga Senden, Ngawen, Klaten itu tertarik datang ke sana karena menawarkan konsep baru dalam menikmati kuliner dan berwisata.

"Ini kali pertama datang ke sini. Saking banyaknya pengunjung, tadi sempat antre selama setengah jam. Bagi saya, makan di atas air ini unik. Tidak ada di tempat lainnya. Tapi, lokasi di sini masih berbenah karena masih ada pembangunan," katanya.

Serunya Makan Sambil Keceh di Ketjeh Resto Polanharjo Klaten, Mau Coba?

Pengunjung lainnya, Angga, 17, mengatakan kompleks Ketjeh Resto cocok dijadikan sebagai tempat berswafoto.

"Tempatnya nyaman dan unik karena bisa makan di atas air. Tadi, sempat mengambil video juga. Sebagai seorang pelajar, saya berharap harga makanannya bisa memperhatikan kaum pelajar [harga makanan di kisaran Rp12.000. Jika paket family senilai Rp120.000-Rp130.000," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya